Zaiullah : “Banyak Orang Berhasil Karena Taat Kepada Orang Tua”

27

Bupati Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan Safari Ramadhan dengan mengunjungi Desa Mangkalapi Kecamatan Teluk Kepayang di Masjid Darul Hijrah, Senin (25/03/2024) Sore.

Adapun tujuan Safari Ramadhan sebagai penguat tali silaturrahmi dengan masyarakat, sekaligus melangsungkan buka puasa bersama ke 14 Bulan Ramadhan.

Sebelumnya, mengawali acara dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dan ceramah agama tentang hal-hal yang membatalkan puasa dan merusak pahala puasa.

Safari Ramadhan di ikuti oleh para Alim Ulama, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, seluruh Kepala SKPD, Tim Percepatan Pembangunan, Forkopimcam.

Melalui data, Desa Mangkalapi telah melaksanakan program Satu Desa Satu Masjid (SDSM) dengan jumlah 62 santri dan 41 santriwati, adapun 21 orang dermawan bermalam di masjid.

Bupati Zairullah, menyampaikan safari pada Bulan Ramadhan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat khususnya para orang tua jompo dan anak yatim.

Demikian di katakan Bupati, jika program SDSM tidak hanya mencakup Satu Desa Satu Masjid melainkan Satu Desa untuk Semua Masjid. Menurutnya, masjid adalah harapan yang indah bagi masyarakat di pedesaan.

Baca Juga  32 Supir Dan Pedagang Ikan Rapid Test

Selain itu Zairullah juga menyebutkan, bahwa program pendidikan dengan cuci kaki ibu di lakukan anak-anak demi mendapat ridho dari orang tuanya, dengan mengambil bakti dan berkah, sehingga generasi sholeh, berakhlak mulia dan maju.

“Banyak orang berhasil karena taat kepada orang tua, khususnya ibu. Karena itu, tolong program ini di galakkan di Tanah Bumbu, sehinga ini menjadi program terbaik,” ujar pria yang sering di sapa, Abah Zairullah.

Bupati mengungkapkan, program cuci kaki ibu merupakan satu-satunya program di Indonesia dan secara serentak berlangsung di desa-desa serta menjadi perbincangan hangat.

“Desa kita ini meski jauh dari pusat perkotaan, semoga kita bisa saling membantu,” tutupnya.

Kemudian Safari Ramadhan dilanjutkan dengan melaksanakan Ibadah Tarawih di Masjid Al-Muhajirin Desa Teluk Kepayang. Kemudian setelah itu melaksanakan Witir di Masjid Al-Mujahiddin Desa Tapus.

Bupati bersama rombongan buka puasa bersama masyarakat setempat. Safari ramadan di mulai pukul 17.30 di awali ceramah agama Ustaz Abdur Rahman tentang wajib puasa bagi umat muslim. Adapun gerakan mencuci kaki ibu di Desa Mangkalapi di ikuti sebanyak 10 anak.

Baca Juga  Damkar Tanbu Dapat Latihan "Kasus Ketinggian"

Bupati menyampaikan melalui gerakan itu, Tanbu sedang beriktiar untuk menciptakan generasi yang memiliki keagamaan yang tinggi. Serta sukses di masa depan. “Kita yakin anak-anak yang kita didik hari ini, besok akan menjadi anak yang saleh dan salehah. Serta memiliki pribadi dan karakter agamis serta cerdas,” kata Zairullah.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati memberikan bantuan uang untuk anak yatim piatu dan bantuan dana untuk masjid. Serta bantuan sosial untuk janda jompo. Setelah melakukan buka puasa bersama dan gerakan cuci kaki ibu. Bupati beserta rombongan melanjutkan kegiatan sholat isya dan tarawih di Masjid Al Mujahirin Desa Teluk Kepayang.

Safari ramadan  berakhir dengan Salat Witir di Mesjid Al Mujahidin Desa Tapus, Kecamatan Teluk Kepayang. (iwn)