Zairullah Hadiri Melasti

105

Dalam rangka menyambut hari raya nyepi, umat Hindu Bali Tanah Bumbu menggelar ritual melasti (pensucian Alam semesta dan diri) di Pantai Madani Kecamatan Sungai Loban, Minggu (19/3/2023)

Kegiatan ritual melasti tidak hanya dihadiri oleh Umat Hindu Tanah Bumbu saja melainkan dari beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan selatan dan berpusat di Pantai Madani Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar bersama seluruh Kepala SKPD dan Forkopimda.

Ketua Parisada Hindu Dharma Tanah Bumbu Ketut Aman menyampaikan ucapan terikasih kepada Bupati Tanah Bumbu yang berkenan hadir dalam acara tersebut.

“Kami atas nama parisada Hindu Dharma Tanah Bumbu mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang berkenan hadir di acara ini,” Katanya.

Baca Juga  DPPRD Tanbu Godok RAPERDA Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

Lebih lanjut, Ketut Aman mengatakan saat ini umat hindu Tanah Bumbu sudah memiliki pantai sendiri untuk melakukan ritual melasti dengan fasilitas yang sangat baik dan sudah tersertifikasi oleh pemerintah daerah.

“Ini semua berkat bantuan dari Bupati, Kejari dan anggota DPRD sehingga umat hindu bali yang ada di Tanah Bumbu sudah memiliki tempat untuk melaksanakan ritual keagamaan seperti melasti yang kita gelar hari ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dalam sambutanya mengatakan atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada Umat Hindu atas terselenggaranya Upacara Melasti dalam rangka menyambut Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945.

Seperti kita ketahui bersama, upacara ini merupakan upaya pembersihan diri secara lahir dan batin yang biasanya dilaksanakan di tepi pantai dengan tujuan terbuangnya segala keburukan dan kesalahan diri bersama kembalinya ombak dari pantai. Bagi umat Hindu, laut atau danau adalah sumber air kehidupan atau tirta amerta.

Baca Juga  Kelurahan Kota Pagatan Juara Lomba Evaluasi Perkembangan Desa

Semoga dengan perayaan pesona melasti ini, umat Hindu di Tanah Bumbu agar senantiasa mengasihi semua makhluk ciptaan tuhan, jangan bersikap bermusuhan atau menunjukkan kebencian, hiduplah tanpa membeda-bedakan suku, agama dan ras.

“Saya berharap melalui perayaan melasti ini diharapkan sinergitas serta dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, termasuk umat hindu untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah agar menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Diakhir sambutanya bupati menyampaikan pada tahun ini akan memberikan bantuan kepada parisada hindu dharma untuk pembangunan fasitlitas sarana dan prasarana dipantai madani. (iwn)