UPTD BLK Tanbu Kersama PT BIB Kerjasama Pelatihan Khusus Bidang Pariwisata

63

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) bekerjasama dengan PT Borneo Indobara (PT BIB) menyelenggarakan program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di Bidang Pariwisata dengan fokus pada Pengelolaan Homestay.

Acara ini akan dilaksanakan di UMKM Center PT Borneo Indobara, Kecamatan Angsana, Minggu (18/6/2023).

Kepala BLK Tanah Bumbu, Riza Akhyari, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat menarik karena melibatkan empat skema materi yang diajarkan oleh instruktur yang sangat kompeten. Selama tujuh hari, peserta akan memperoleh teori dan praktik dalam bidang room service, food and beverage, smart tourism, dan story telling.

Pada hari terakhir, akan ada kejutan khusus untuk peserta sehingga tidak ada peserta yang akan melewatkan materi yang penting dalam pelatihan ini.

Baca Juga  Pemkab Tanbu Gelar Workshop Percepatan dan Penguatan Reformasi Birokrasi

Dengan diselenggarakannya program pelatihan berbasis kompetensi ini diharapkan tenaga kerja di sektor pariwisata dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, serta memberikan pelayanan yang lebih baik. BLK Tanah Bumbu dan PT Borneo Indobara berharap agar pelatihan ini memberikan manfaat nyata bagi peserta dan mendorong perkembangan sektor pariwisata yang lebih maju di Tanah Bumbu.

Terpisah, Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tanah Bumbu, H. Avian Noor, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif perusahaan dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja di daerah.

“Peningkatan jumlah tenaga kerja dengan sertifikasi kompetensi merupakan tujuan yang perlu terus didorong dan ditingkatkan. Terutama dalam bidang homestay yang membutuhkan pelayanan yang profesional,” teranganya.

Baca Juga  Desa Purwodadi Juara II Lomba Desa Tk Kalsel

Senior Manager Corporate Social Responsibility (CSR) dan Eksternal PT BIB, Dindin Makinudin, mengatakan egiatan ini harus jadi role model bagi perusahaan untuk membangkitkan kepedulian kepada masyarakat sekitar, untuk peningkatan kompetensi mereka. Mereka harus memiliki keterampilan agar turut serta merasakan kelimpahan potensi ekonomi di Tanah Bumbu.

Adapun pelatihan ini mencakup dua jenis materi, yaitu materi teori yang akan disampaikan di UMKM Center dan materi praktek yang akan dilakukan di MP Resort dan Karmila Hotel.

Jumlah instruktur sebanyak empat orang, dengan total peserta mencapai 23 orang yang terdiri dari manajemen dan karyawan hotel. Beberapa materi kompetensi yang akan disampaikan meliputi room service, food and beverage, kepariwisataan, dan penceritaan. (dwn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here