UKM Kusan Hulu Terima Kompor dan Wajan

568
fokusbatulicin.net – “Desa Sungai Rukam terkenal dengan produk gula aren dan gula semut. Jika masyarakat siap memproduksi secara besar-besaran, Disdagri juga siap membantu mempromosikan dengan memperhatikan faktor kehigienisan dan kemasan yang bagus,” Ungkap Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Tanbu H Deny Haryanto pada saat kegiatan pembinaan dan pengawasan UKM, Kamis (17/10) di Gedung Serba Guna, Desa Sungai Rukam Kecamatan Kusan Hulu.
Dalam Kegiatan Tersebut, Sejumlah Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Desa Sungai Rukam Kecamatan Kusan Hulu menerima bantuan peralatan usaha dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu). Bantuan yang diserahkan berupa peralatan masak berupa seperangkat kompor gas dan wajan.
Kepala Disdagri Tanbu, H Deny Haryanto mengatakan bantuan alat usaha tersebut sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah kepada para pelaku usaha dalam upaya meningkatkan kualitas produk industri kecil menengah agar dapat bersaing.
Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya melalui promosi produk UKM tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional. Satu di antaranya yaitu promosi gula semut dari Desa Sungai Rukam.
Selain itu, pemerintah daerah juga memfasilitasi pelaku UKM mendapatkan sertifikasi halal produk usaha. “Sudah dua tahun berturut-turut Disdagri memfasilitasi UKM mendapatkan sertifikasi halal,” kata H Deny. Kemudian pada tahun 2020 pemerintah daerah akan membangun showroom produk UKM di Kecamatan Batulicin dan Kusan Hilir.
Terkait pengawasan dan pembinaan produk UKM, H Deny mengatakan tujuanya agar pelaku usaha menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya pada pengolahan produk usaha sehingga aman di konsumsi masyarakat.
Sementara itu, Kabid Industri H Fityanto mengatakan bantuan alat usaha merupakan tindaklanjut dari kegiatan pelatihan gula semut yang dilaksanakan Disdagri beberapa waktu yang lalu. Menurutnya ada sepuluh unit alat produksi gula semut yang diserahkan kepada pelaku UKM gula semut.
“Bantuan alat usaha merupakan usulan Desa pada saat Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunanan, red) Kecamatan Kusan Hulu,” ucapnya.
Terkait produk gula semut Desa Sungai Rukam, Fityanto menyebutkan Disdagri Tanbu beberapa waktu lalu mempromosikan gula semut ke jajaran Pemkab Tanbu. Hasilnya mendapat respon yang baik dari para pegawai Pemkab Tanbu. (TFB)