Total Belanja Negara 2021 Ditaksir Capai Rp 2.750 Triliun

408

fokusbatulicin.net – Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer Kedaerah Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2021 dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/11/2020) pagi.

Penyerahan DIPA dan TKDD Tahun 2021 oleh Presiden RI Joko Widodo dihadiri pula Wakil Presiden, Ketua Lembaga Negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati/Walikota, dan Forkompimda.

Penyerahan berlangsung secara virtual ini disaksikan dan diikuti pula oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) yakni Wakil Bupati H. Ready Kambo, Plh. Sekda H. Ambo Sakka, Asisten Administrasi Umum Setda Ikhsan Budiman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Nahrul Fajeri, dan Sekretaris BPKAD Dedi Bodin.

Baca Juga  Sekdakab Tanbu Turut Serta Bantu Korban Kebakaran

Sebagaimana yang disampaikan Menteri Keuangan RI, Sebut Wabup H. Ready Kambo, bahwa proses penyerahan DIPA dan TKDD Tahun 2021 dilaksanakan lebih awal dengan harapan dapat mendukung penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, dan berbagai prioritas pembangunan strategis.

Pada penyerahan DIPA dan TKDD itu pula, sebut Wabup, Presiden RI Joko Widodo menekankan APBN tahun 2021 akan focus kepada 4 hal.

Yaitu, Pertama penanganan kesehatan. Dalam hal ini penanganan covid-19. Utamanya focus pada vaksinasi. Oleh sebab itu anggaran yang berkaitan dengan penguatan sarana dan prasarana kesehatan, laboratorium, penelitian dan pengembangan sangat diperlukan.

Baca Juga  KONI Gelar Bimtek Psikologi dan Fisik Untuk Pelatih Cabor

Kedua, perlindungan sosial. Terutama bagi kelompok yang kurang mampu dan rentan.

Ketiga berkaitan dengan program pemulihan ekonomi yaitu dukungan terhadap UMKM dan dunia usaha.

Dan, keempat, melakukan reformasi struktural sehingga menciptakan pondasi yang kuat bagi berbagai sektor.

Adapun total belanja negara 2021 akan menncapai Rp 2.750 triliun, di mana 1032 T dialokasikan 87 kementerian lembaga. Sedangkan TKDD 2021 dialokasikan sebesar Rp 795,5 triliun dengan kebijakan untuk meningkatkan kualitas hasil dan kualitas kontrol. (Rel)