Tim SAR Kerahkan 3 Kapal Evakuasi Warga Tedampak Erupsi Gunung Ruang

233
Tim SAR mengerahkan tiga kapal untuk mengevakuasi warga yang terkena dampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, sejak Selasa (30/4) kemarin.

“Ada tiga kapal yang membantu mengevakuasi warga, termasuk dua kapal Ferri dan KN SAR Bima Sena,” kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado, Jandry Paendong, Rabu (1/5).

Jandry mengatakan bahwa Tim SAR akan mengevakuasi ke lokasi yang aman yakni, di Siao dan Bitung dengan titik kumpul di Pelabuhan Munte.

“Kita melihat kondisi pagi ini di pelabuhan masih banyak masyarakat yang akan diungsikan di dua tempat yakni di Siao dan Bitung,” ungkapnya.

Baca Juga  Sekali Nikah Gaet 2 Wanita

Jandry mengatakan sebagian masyarakat sementara ini berada di Pelabuhan Munte. Mereka akan dievakuasi dengan menggunakan kapal Ferri untuk dibawa ke Siao.

“Nanti masyarakat akan diungsikan ke Siao mempergunakan dua kapal ferri, KN SAR Bima Sena akan dipindahkan dari Pelabuhan Tagulandang ke Pelabuhan Minanga,” jelasnya.

Baca Juga  Jadi Mentri, Prabowo Tak Mau Terima Gaji

Saat ini, kata Jandry Tim SAR menjadikan Pelabuhan Munte sebagai titik temu dari para pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Ruang, karena dianggap lebih aman.

“Pelabuhan Munte ini ada 10 desa dan dua kecamatan, titik temu yang aman disini. Sejak tanggal 17 Minanga yang paling aman, tapi erupsi kemarin yang begitu dahsyat berdampak juga pada Minanga,” ujarnya.

data dan foto : CNN Indonesia