Tekan Angka Kriminalitas Pelabuhan, KPLB Tempatkan Personel 24 Jam

25

Kepala Subsektor Kawasan Pelabuhan Laut Batulicin (KPLB) Pelabuhan Samudera Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, Ipda Ebony Saputra menempatkan personel yang bertugas 1×24 jam melalui sistem piket untuk memastikan situasi aman dan terkendali selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2024.

Dikutip dari laman ANTARA, Untuk memastikan hal itu, pihak KPLB menempatkan empat anggota KPLB di Pelabuhan Samudera Batulicin untuk bertugas atau berjaga selama 24 jam dengan sistem piket. hal ini bertujuan sebagai antisipasi dan upaya menekan aksi premanisme, seperti pemalakan dan tindakan kriminal lain yang dapat mengganggu kenyamanan bagi calon penumpang kapal.

KPLB Batulicin juga mengupayakan hal lain dengan merangkul atau memanfaatkan masyarakat dan lembaga maupun mitra, menggalakkan penyuluhan hukum, serta pemberian bantuan hukum.

Baca Juga  POLISI AKHIRNYA LIDIK ASAL SUMBER API

“Alhamdulillah selama saya tugas di Batulicin kurang lebih satu tahun, tidak ada kasus tindakan premanisme di wilayah pelabuhan,” terangnya.

Eboni menilai pengelolaan terminal calon penumpang kapal atau fasilitas lain di pelabuhan tersebut yang semakin tertata mampu menekan kasus kriminal.

Terutama para pedagang asongan, Ebony menjelaskan lebih tertib dan tertata karena pihak PT Pelindo Batulicin menyiapkan area untuk berjualan secara khusus sehingga tidak mengganggu calon penumpang kapal.

Sementara itu, General Manager PT Pelindo Cabang Batulicin Ari Sudarsono menerangkan pihaknya meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa.

“Salah satunya dengan menertibkan pedagang asongan dengan memberikan tempat khusus untuk berjualan, sehingga yang bersangkutan tidak mengganggu para calon penumpang kapal selama menunggu kedatangan kapal,” kata Ari.

Baca Juga  Renovasi Qubah Mufti Mufti Pagatan Habiskan Dana 7,5M, Bakal Diesmikan Pasca Lebaran

Pelindo juga berusaha meningkatkan dan mewujudkan pelayanan yang prima bagi calon penumpang kapal dengan melengkapi fasilitas dan merenovasi terminal penumpang.

“Kami renovasi seluruh fisik bangunan terminal penumpang yang berkapasitas 750 orang mulai dari merenovasi toilet calon penumpang dan pengantar penumpang, merenovasi atap bangunan, pemasangan lantai keramik, mengganti kursi duduk yang lebih nyaman, memasang AC, CCTV, TV di ruang tunggu dan melengkapi fasilitas lainnya untuk gedung baru terminal penumpang arsitektur menggunakan gaya khas bangunan Kalimantan Selatan,” terangnya.

Ari juga mengapresiasi anggota KPLB yang bertugas untuk menjaga Pelabuhan Samudera Batulicin tetap kondusif. (ANT)