Tambahan, 2 Desa Di Kuranji Menjadi Kampung Tangguh Di Tanbu

535

fokusbatulicin.net – Dua Desa di Kecamatan Kuranji kembali menjadi desa percontohan untuk menjadi Kampung Tangguh Banua (KTB) atau desa tangguh tanggap Covid-19, Senin (15/06/2020).

Dua desa ini ditinjau langsung Kapolres Tanah Bumbu beserta Dandim 1022/TNB didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Kedua desa tersebut yaitu Desa Mustika dan Desa Waringin Tunggal. Kesigapan tim relawan kedua desa tersebut diaggap mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya masing masing.

Yaitu dengan menyediakan beberapa inovasi guna mendukung penanganan Covid-19, diantaranya dengan menyediakan tempat isolasi mandiri, posko kesehatan, posko siaga bencana, screening room, dapur umum relawan dan lahan ketahanan pangan desa maupun ketahanan pangan masyarakat.

Untuk sektor ketahanan pangan sendiri kedua desa ini melakukan ketahanan pangan dalam bidang perkebunan, pertanian dan perikanan air tawar.

Baca Juga  Corona Bertambah di Kalsel, Gubernur Cek Perbatasan

Selain itu kedua desa ini juga telah menyediakan pos singgah bagi warga pendatang dan menyiakan lahan pemakaman sekaligus relawan yang memakamkan apabila ada warga yag meninggal dunia akibat Covid-19.

Desa tangguh tanggap Covid-19 merupakan program Kementerian Dalam Negeri melalui pemerintah daerah yang bersinergi dengan TNI dan Polri dalam hal penanganan dan pencegahan Covid-19 dan kemandirian desa dalam menghadapi pandemic covid-9.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor melaui Kepala Dinas PMD Nahrul Fajeri mengatakan, desa tangguh tanggap Covid-19 merupakan langkah pemerintah daerah dalam menekan dan mencegah penyebaran virus covid-19 di desa.

Peninjauan kedua desa tersebut juga didampingi oleh kepala desa dan Camat Kuranji beserta unsur Muspika.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki dalam kesempatan itu mengingatkan tentang pelaksanaan New Normal kepada masyarakat.

Baca Juga  Sampai Saat ini Tanbu Sudah 137 Orang Terkonfirmasi Covid-19

Ia meminta agar masyarakat senantiasa tetap menjalankan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah pusat maupun daerah.

Sementara itu Dandim 1022/TNB Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan keluarga dan lingkungan sekitar.

“Melalui pola hidup bersih dan sehat tersebut, kita dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” ujarnya.

Dalam peninjauan tersebut pemerintah kabupaten menyerahkan bantuan bibit tanaman buah, bibit ikan air tawar. Serta bantuan sembako dari Polres Tanah Bumbu kepada masyarkat.

Selanjutnya rombongan meninjau seluruh posko, tempat isolasi, dapur umum relawan, lahan ketahanan pangan desa dan masyarakat dan tempat pemakaman yang telah disediakan oleh desa masing masing. (Iwn)