Sungai Satui Tercemar, pH Rendah Sebabkan Ikan Mati

602

fokusbatulicin.net – Penurunan pH air sungai satui, disinyalir menjadi penyebab ikan ikan ditempat ini mati. kekurangan pH ini menjadi faktor menurunnya tingkat kandungan Oksigen, pada air. salah satu dampak lainnya adalah air sungai tersebutpunĀ  terlihat jernih.
Menurut keterangan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLHK) Tanah Bumbu, Rahmat, usai melakukan pengambilan sampel air, di sejumlah titik disepanjang jalur sungai diketemukan kondisi air sungai berubah ini adalah disebabkan oleh pH airnya yang hanya mencapai 4,3 dianggap sangat rendah.
Sementara, pada saat pengambilan sample di kawasan persimpangan Sungai Jombang dan Pabilahan, kondisi pH justru lebih rendah. karena disana hanya ditemukan ph 2,4 dan ini menurut Rahmat sudah sangat rendah.
sekedar diketahui pH adalah ukuran konsentrasi ion hidrogen dari larutan. Pengukuran pH (potensial Hidrogen) akan mengungkapkan jika larutan bersifat asam atau alkali (atau basa). Jika larutan tersebut memiliki jumlah molekul asam dan basa yang sama, pH dianggap netral.
“wajar saja ikannya Mati, jika demikian, sudah bisa dipastikan air sungai di Satui ini sedang tercemar. apa penyebabnya, Ini yang sedang kami cari sampai hari ini. Kondisi seperti ini, biasanya itu air asam tambang atau dari pembukaan lahan rawa. Kami masih cari penyebab pastinya, ” katanya.

Baca Juga  13 OTG Dipulangkan Oleh Gugus Tugas Covid-19 Tanbu

Jajarannya masih terus berupaya mencari penyebabnya hingga malam. Bahkan jajarannya minta warga masyarakat partisipasi untuk pelaporan segera, menggunakan aplikasi kamera dengan gps yang menunjukan koordinat dan waktu.

Baca Juga  250 Anggota IKSPI Tanah Bumbu Di Syahkan

“Ini sebagai langkah awal bilamana melihat dugaan cemaran, sehingga pihak pihak yang mungkin diduga melakukan pencemaran tidak ada pembantahan atau tidak ada penggiringan opini sumber pencemar, ” terang Rahmat lebih lanjut. (TFB-NS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here