Sejumlah Jalan Tikus Simpang Empat Mulai Di Tutup

720

fokusbatulicin.net – Dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19), Pemerintah Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) mulai memperketat keamanan lingkungan di wilayahnya.

Salah satu bentuk nyata mencegah Covid-19 dengan menutup jalan-jalan kecil atau gang dan hanya jalan utama saja yang dibuka untuk umum.

Camat Simpang Empat, Syamsudin, mengatakan menutup jalan-jalan kecil ini untuk melindungi warga dari penyebaran Virus Corona yang saat ini sedang mewabah.

“Ini bagian dari melaksanakan instruksi Bupati Tanah Bumbu agar Desa/Kelurahan membentuk relawan Covid-19 dan mengaktifkan Siskamling,” sebut Camat.

Sebagaimana arahan Bupati, sebut Syamsudin, seluruh Desa di Tanbu diminta menjaga wilayahnya masing-masing dengan tujuan agar orang dari luar daerah yang baru tiba di Tanbu mudah untuk di pantau. Dan kalau ditemukan orang luar Tanbu berasal dari zona merah maka diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

Baca Juga  Pendaftaran CPNS Tanbu Resmi Ditutup!!

Terkait adanya Video di Media Sosial (Medsos) akses jalan Plajau yang ditutup karena ada Virus Corona, Camat Syamsudin mengatakan hal itu tidak benar melainkan ditutupnya gang kecil tersebut untuk memperketat sistem keamanan masyarakat dalam mencegah penyebaran Virus Corona.

Sekedar informasi, dari data Tim Gugus Tugas Covid-19 Tanbu hingga 18 April 2020 untuk Wilayah Kecamatan Simpang Empat tidak ada warga yang terkonfirmasi Covid-19.

Sementara, terpisah Kapolsek Simpang Empat, kepada media mengatakan kegiatan penutupan jalan tikus atau gang di sejumlah desa adalah upaya memutus mata rantai sebaran virus covid-19.

“Kegiatan ini dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Simpang Empat, Ada 5 ruas jalan gang yang kami tutup” ujar Kapolsek Simpang Empat, Iptu Setiawan Malik melalui keterangan tertulis, Sabtu (18/4/2020).

Baca Juga  Bengkel Keliling Alsintan Tanbu Diluncurkan

Iptu Setiawan mengatakan penutupan ruas jalan gang ini akan bertambah melihat situasi dan kondisi di lapangan. Tak menutup kemungkinan ruas jalan gang lain juga akan dilakukan peraturan serupa, namun tak merinci lokasi mana saja.

“Kami bekerja sama dengan pihak Pemerintah Kecamatan Simpang Empat, dalam hal ini Camat untuk memetakan lokasi mana saja yang perlu diberlakukan penutupan lagi,” ujarnya

Penutupan berkala atau tertib physical distancing telah diterapkan di gang senyum diwilayah kelurahan kampung baru, gang KB mandiri, gang mutiara, gang delima noor, gang tikus pelita 1 arah lahan Haji Tare.Terhitung selama hari ini di jam 09.30 Wita sampai dengan 11.00 Wita tak boleh ada kendaraan dan pejalan kaki yang melintas. (TFB)