Pilkades Serentak Gelombang I, Bejalan Lancar

101

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2023 Gelombang 1 di beberapa desa di Tanah Bumbu usai digelar hari ini, Sabtu (18/03/23).

Beberapa kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu yang menggelar Pilkades serentak tahun 2023 ini adalah Kecamatan Batulicin dan juga Kecamatan Karang Bintang.

Masyarakat desa yang menggunakan hak pilih pun berdatangan ke tempat pemungutan suara (TPS) sejak pagi hari.

“Gunakan Hak Pilih dengan sebaiknya dan jangan sampai salah pilih karena satu suara menentukan nasib desa, selama beberapa tahun kedepan,” pesan Abah Bupati Zairullah Azhar dalam berbagai kesempatan.

Di Kecamatan Karang Bintang, ada 5 desa yang menggelar Pilkades serentak Tanggal 18 Maret 2023, yaitu Desa Karang Bintang, Pematang Ulin, Pandansari, Maju Sejahtera dan Selaselilau.

Di Desa Selaselilau, terpilih Kepala Desa wanita yang memiliki nama yang indah. ya, Mawar sapaan akrabnya, merupakan salah satu Calon Kepala Desa (Cakades) yang mendapat Nomor urut 2, dengan perolehan 274 suara dari total 308 pemilih.

Baca Juga  Pencemaran Sungai Satui, Sekda : " Daerah Sebatas Koordinasi Saja"

Ibu tiga anak yang kini memasuki usia 42 tahun ini, sebelumnya memang memangku jabatan Ketua PKK Desa Selaselilau selama 12 tahun, dari tahun 2010 hingga 2022.

“Maju dalam kontestasi Pilkades Selaselilau, saya berkeinginan untuk mendorong kemajuan Desa Selaselilau di semua bidang sektoral,
Lebih lagi, tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat Desa Selaselilau,” ungkap Mawar di beberapa media.

Sementara itu, beralih ke Kecamatan Batulicin, Pilkades yang digelar oleh Desa Maju Bersama ini memiliki 3 (tiga) kandidat dalam pencalonan, salah satunya Sukartiman, Sukar sapaan akrabnya merupakan kandidat dengan no urut 2 (dua) yang memperoleh 311 suara dan berhasil mendahului 2 (dua) kandidat lainnya.

Baca Juga  Puluhan Anak TK Ikut Mendongeng

Dalam kesempatan ini, moment haru pun tergambar pada saat usai perhitungan suara, terlihat beberapa warga menangis dan memeluk Sukar sebagai bentuk rasa syukur dan bahagia atas berakhirnya pemungutan suara ini.

“Selama monitoring, pelaksanaan Pilkades berjalan dengan baik, saya melihat antusias warga untuk turut serta mensukseskan Pilkades sangat besar, moment ini bisa kita jadikan sebuah pelajaran demokrasi yang menghargai perbedaan pilihan namun tetap bersatu dalam menciptakan ketertiban dan keamanan,” ungkap Citra Monica yang merupakan salah satu panitia penyelenggara pilkades tahun ini.

Pemkab Tanah Bumbu juga turut mengucapkan, Selamat bertugas kepada Calon Kepala Desa yang baru dan akan dilantik nantinya, diharapkan Cakades ini bisa membawa dampak yang positif bagi masyarakat serta bisa mendukung visi misi bupati dalam membangun Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah. (KmL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here