PGMNI Tanbu Gelar Rakerda 2023

148

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Perkumpulan Guru Madrasah Nasional Indonesia (PGMNI) Kabupaten Tanah Bumbu Masa Bakti 2023-2028 resmi dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Subhansyah.

Acara ini mengusung tema “Menggerakkan Potensi Guru Madrasah Menuju Tanah Bumbu Serambi Madinah” sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kualitas dan keberadaan guru madrasah di wilayah tersebut. Rabu, (2/8/2023) di Aula Syarif Abbas, Kecamatan Simpang Empat.

Dalam sambutannya, Subhansyah menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Rakerda PGMNI, yang menandakan semangat untuk mengoptimalkan pembelajaran dan membangun kerjasama yang baik dengan berbagai kegiatan dalam menghadapi masa bakti 2023-2028. Guru madrasah memiliki peran yang kompleks karena mengharuskan untuk menjadi wadah aktualisasi, sekaligus teladan atau uswatun hasanah bagi siswa.

Kegiatan ini menjadi momen penting bagi para pengurus PGM di Kabupaten Tanah Bumbu untuk proaktif melaksanakan program pembinaan. Tujuan dari program ini adalah untuk penguatan kapasitas guru madrasah, baik dari aspek pengetahuan dan keterampilan, maupun dalam hal kompetensi kepribadian, etika, daya spiritual, serta manajemen yang menjadi dasar pemberdayaan dan pengembangan organisasi PGM.

Baca Juga  DLH, Ajak Warga Kelola Sampah Lingkungan

Bupati berharap agar guru madrasah dapat menjadi mitra yang baik bagi Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tanah Bumbu. Guru madrasah memiliki peran penting sebagai pencetak kader-kader penerus bangsa yang berakhlak mulia. Oleh karena itu, penting bagi para pengurus PGM untuk memastikan para guru madrasah mampu beradaptasi dengan perkembangan pendidikan dan mampu menghadapi tantangan masa depan.

Rakerda PGMNI juga menjadi ajang bagi para pengurus guru madrasah untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran dari berbagai daerah. Hal ini dapat menjadi inspirasi untuk memperkuat kualitas pendidikan dan menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul.

Baca Juga  Zaiullah Serahkan Ratusan Lembar Sertifikat Tanah

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak semua pihak terkait untuk bersinergi dan berkolaborasi guna mewujudkan visi “Tanah Bumbu Serambi Madinah”. Visi ini adalah komitmen nyata menjadikan Tanah Bumbu daerah unggul dalam pendidikan dan berakhlak mulia.

Rakerda PGMNI Kabupaten Tanah Bumbu Masa Bakti 2023-2028 harapnya menjadi tonggak awal perubahan yang positif bagi dunia pendidikan di daerah ini. Semangat untuk terus berinovasi dan berkolaborasi harus terus ditanamkan dalam setiap langkah pendidikan yang diambil. Dengan begitu, Tanah Bumbu dapat benar-benar menjadi “Serambi Madinah”, tempat di mana ilmu pengetahuan dan kebaikan berkembang secara bersamaan. (Dwn)