Pesona Melasti Dipantai Madani, Menyambut Hari Suci Nyepi

27

Pesona Melasti, menyambut Hari Suci Nyepi Tahun 2024/Tahun Baru Caka 1946 di Pantai Madani, Sungai Loban Tanah Bumbu, Jumat (8/3/2024), Pesona Melasti 2024 mengangkat Tema Sat Cit Ananda untuk Indonesia Jaya.

Acara tersebut merupakan kegiatan tahunan bagi Umat Hindu yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka menyambut Hari Nyepi.

Tujuan Melasti tersebut membersihkan alam secara ritual dan membersihkan diri secara spiritual. Dengan berbagai upacara keagamaan yang di adakan di Pesisir Pantai Madani, Kecamatan Sungai Loban.

Baca Juga  Pasar Murah Untuk Menekan Inflasi

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu memberi dukungan penuh dalam acara Melasti.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Putu Wisnu Wardana mewakili Bupati Tanbu menjelaskan pentingnya toleransi dan kerukunan antar agama guna mendorong kemajuan daerah.

“Umat Hindu dapat mengasihi, hiduplah rukun dan tetap bertoleransi antar umat yang harapannya berkontribusi terhadap pembangunan daerah,” Ungkapnya.

Putu Wisnu Wardana juga menyampaikan ucapan selamat umat Hindu untuk Nyepi. Acara tersebut sangatlah istimewa karena berbarengan dengan galungan dan kuningan.

Baca Juga  Zairullah : " Perusda Air Minum Bersujud Komitmen Berikan Layanan Terbaik

Kegiatan ini turut hadir beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintah daerah yang turut serta memberikan dukungan.

Tokoh Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia Kalimantan Selatan berterima kasih berkat bantuan Pemkab Tanbu pada pembangunan wantilan untuk fasilitas agama Hindu di Kecamatan Sungai Loban.

Pembangunan fasilitas keagamaan akan menunjang kegiatan-kegiatan peribadatan khususnya di wilayah tersebut.

Melasti merupakan bagian awal dari kegiatan Nyepi dan akan di lanjutkan dengan Tawur Agung. (upi)