Pemkab Tanbu Raih Terbaik I Capaian Output DAK

11

Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Sumber Dana APBN Provinsi Kalimantan Selatan TA 2024 melibatkan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu), yang berhasil meraih penghargaan sebagai Terbaik I Capaian Output DAK Fisik.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Roy Rizali Anwar, menjelaskan bahwa DAK Fisik teralokasikan untuk membantu kegiatan daerah terkait prioritas nasional. Fokusnya adalah penyediaan prasarana dan sarana pelayanan dasar publik, memastikan pemenuhan standar minimal, pencapaian prioritas nasional, dan percepatan pembangunan daerah.

Tahun 2023 menjadi sorotan dengan Pemkab Tanbu mencapai kinerja tertinggi dalam penyaluran Dana Transfer Ke Daerah. Khususnya Insentif Fiskal, mencapai 100,00%. Komitmen ini didukung oleh tambahan alokasi dana pada tahun anggaran berjalan, menunjukkan dedikasi dalam optimalisasi anggaran untuk pembangunan daerah.

Baca Juga  Jelang Haul Guru Sekumpul, Pemprov Kalsel Siapkan 10M

Dari total pagu alokasi TKD Kalimantan Selatan tahun 2023 sebesar Rp31,83 triliun, DAK Fisik Kabupaten Tanah Bumbu mendapat porsi 3,59 persen atau Rp1,14 triliun. Meskipun capaian hingga 31 Desember 2023 mencapai 93,08 persen, angka ini masih di bawah rata-rata nasional dan menempati peringkat 26 nasional.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kabupaten Tanah Bumbu, Hendra Wardani, S.E., M.M., menerima piagam penghargaan sebagai apresiasi atas Terbaik I Capaian Output DAK Fisik. Hendra Wardani mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak terkait. “Alhamdulillah untuk kita semua Tim BPKAD atas pencapaian yang luar biasa,” ujar Hendra Wardani.

Baca Juga  Sosialiasi Kegiatan Fasilitasi Pembiayaan Pertanian, Digelar Pemkab Tanbu

Selain itu prestasi ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mempercepat pembangunan daerah. Melalui optimalisasi DAK Fisik, Pemkab Tanbu memberikan kontribusi nyata dalam mendukung prioritas nasional dan mengatasi kesenjangan pelayanan publik antar daerah. Prestasi ini menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengelola dana dengan efisien dan efektif. (Ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here