Pemkab Tanbu dan Kementrian KOMINFO Buat Nota Kesepakatan Smart City.

23

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sepakat tandatangani nota kesepakatan Smart City.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Tanbu, Al Husain Mardani mengatakan nota kesepakatan tersebut terkait Implementasi Smart City 2024.

“Ini di laksanakan serentak oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Kominfo dengan 10 Kabupaten/Kota terpilih Tahun 2024,” kata Al Husain.

Nota kesepakatan tersebut di lakukan secara virtual, Selasa (5/3/2024) di Command Center, Kantor Bupati Tanbu di Gunung Tinggi, Batulicin.

Baca Juga  Kebijakan Penanaman Modal, Disosialisasikan

Adapun 10 Kabupaten/Kota terpilih tersebut yakni Kabupaten Tanah Bumbu, Bangli, Bone Bolanga, Gianyar, Pekalongan, Purbalingga, Serang.

Sedangkan untuk kota yakni Banjar, Parepare, dan Solok.

Program Gerakan Menuju Kota Cerdas ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota/Kabupaten dalam upaya mengimplementasikan Smart City.

Program ini kerjasama Kementerian Kominfo dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, Kementerian Pariwisata, dan Kantor Staf Presiden.

Baca Juga  H Dian : "Tanbu Banyak Terima Penghargaan"

“Gerakan ini tujuannya untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city,” ujarnya.

Pada Tahun 2024, Ditjen Aptika Kementerian Kominfo akan melakukan pendampingan penyusunan masterplan smart city bagi 10 (sepuluh) kota/kabupaten yang telah terpilih melalui proses penilaian (assessment) yang telah di lakukan pada Tahun 2023. (Ddi)