Pelajar SMPN Kusan Hilir Gelar Aksi Bersih Bersih

91

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar kegiatan aksi bersih hebat untuk lingkungan sehat.

Kepala SMPN 1 Kusan Hilir, Darwanto, M.Pd mengatakan aksi bersih-bersih ini di lakukan oleh seluruh dewan pendidik dan peserta didik di lingkungan sekolah.

“Beberapa waktu lalu, Kami melaksanakan aksi bersih-bersih lingkungan dengan sasaran kawasan SMPN1 Kusan Hilir dan sekitarnya,” ucap Darwanto, Kamis (3/8/2023).

Ia mengatakan kegiatan bersih-bersih lingkungan merupakan bentuk partisipasi sekolah dalam rangka mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di Bumi Bersujud.

Darwanto berharap melalui aksi tersebut para siswa-siswi dapat memiliki kesadaran akan kebersihan lingkungan sekitar. Baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal mereka.

Baca Juga  Tokoh Senior Tanah Bumbu, Burhansyah : " Sejarah Manis itu Semoga Terulang Lagi Ditangan SHM"

Darwanto juga menambahkan bahwa kegiatan mereka laksanakan berkaitan pula dengan SMPN 1 Kusan Hilir yang menyandang status Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten.

“Saat ini, sekolah kami juga ikut lomba Adiwiyata Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Selain itu SMP Negeri 1 Kusan Hilir juga sudah memiliki Tim Kader Adiwiyata terdiri dari Kepala Sekolah, Dewan Pendidik, dan peserta didik.

Beberapa kegiatan yang sudah di lakukan seperti melakukan aksi sadar akan kebersihan, aksi 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle).

Baca Juga  Guru Mulia Al Habib Umar bin Hafidz Dari Waktu Ke Waktu

Kemudian mengadakan kampanye kesekolah lain tentang pengolahan sampah, melaksanakan pameran hasil dari pengelolaan sampah, pembuatan pupuk organik, serta melakukan inovasi sumber daya energi.

Menurut Darmanto, banyak manfaat yang di rasakan SMP Negeri 1 Kusan Hilir setelah menjadi sekolah adiwiyata.

Antara lain, terciptanya lingkungan bersih dan sehat. Kemudian, lingkungan bertambah asri karena adanya kegiatan pembibitan. Kurangnya genangan air di sekitaran sekolah dengan adanya kegiatan normalisasi saluran dan bio pori. Serta berkurangnya data tumpukan sampah organik dan plastik. (Ddi)