PAN Bakal Usung H. Muhidin Pada PILGUB Kalsel Mendatang

64

Ambisi Partai Amanat Nasional (PAN) untuk memajukan H Muhidin pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) 2024 semakin bulat.

Setelah rapat pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), PAN Kalsel akan melakukan rapat internal membahas peta koalisi. Termasuk membahas calon pendamping H Muhidin sebagai calon wakil gubernur (cawagub) dan kandidat lain yang berpotensi maju di pilgub.

“Tentu akan ada kalkulasi kekuatan,” kata Wakil Ketua DPW PAN Kalsel Afrizaldi, Kamis (14/3/2024).

Usai pembahasan, Afrizaldi menyebut pihaknya bakal melakukan safari politik guna merealisasikan koalisi.

“Pastinya ada konsolidasi terhadap petinggi-petinggi parpol di Kalsel,” tambahnya.

Ambang batas 20 persen kursi di legislatif menjadi syarat parpol untuk mengusung kepala daerah. Sedangkan, PAN hanya bisa meraih enam kursi di DPRD Kalsel untuk periode 2024-2029.

Artinya, perlu tambahan minimal lima kursi dari partai lain untuk mengabulkan keinginan PAN mengusung wakil gubernur tersebut.

Baca Juga  Hasnur Maju Calon Ketum PSSI

Di kalangan relawan, santer beredar nama kandidat pendamping Muhidin. Seperti Ketua Dewan Pertimbangan Nasdem Kalsel Tajerian Noor hingga politisi Partai Golkar Hasnuryadi Sulaiman.

Afrizaldi tak menutup kemungkinan nama-nama tersebut. Menurutnya, dalam politik apapun bisa terjadi.

“Politik itu dinamis dan sangat fleksibel. Tidak menutup kemungkinan H Muhidin berpasangan dengan siapapun. Yang penting bisa melengkapi sosok H Muhidin. Intinya, kami terbuka kepada siapapun,” ujar anggota DPRD Kota Banjarmasin ini.

Tahapan pelaksanaan Pilkada baru dimulai pada Mei nanti. Tahapan awal yakni pengumuman persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan untuk Pilkada serentak 2024 pada 5 Mei sampai 19 Agustus mendatang.

Sekretaris Nasdem Kalsel Akhmad Rozanie Himawan, Jumat (8/3), menyatakan partainya hanya memerlukan satu kursi dari partai lain untuk mengusung kader pada pilgub.

Rozanie menyebut nama Rifqinizamy Karsayuda, yang kemungkinan besar kembali menduduki kursi di DPR RI. “Perolehan suaranya sangat luar biasa,” ujarnya.

Sementara Golkar belum memutuskan sosok cagub. Ketua Golkar Kalsel Sahbirin Noor mengaku akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan DPP.

“Kami masih butuh muzakarah, diskusi dengan orang-orang partai,” kata gubernur Kalsel ini di Kantor DPD Golkar Kalsel, Jumat malam. (msr)

Artikel Bersumber dari : BanjarmasinPost.co.id dengan judul Carikan Muhidin Pendamping untuk Maju Jadi Calon Gubernur Kalsel, PAN Bahas Partai Koalisi Pilgub, https://banjarmasin.tribunnews.com/2024/03/15/carikan-muhidin-pendamping-pan-segera-bahas-partai-koalisi-pilgub?page=2.