ODGJ Sering Masuk Rumah Warga, Diamankan

77

Dinas Sosial bekerjasama dengan Satpol PP Kabupaten Tanah Bumbu sudah mengamankan seorang pria terduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

ODGJ tersebut sangat meresahkan warga Jalan Transmigrasi Plajau Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

Sejumlah warga di buat resah karena berkeliaran dan masuk ke toko maupun rumah warga. Menanggapi keluhan masyarakat itu, Dinas Sosial pun segera melakukan penanganan.

Bekerjasama dengan Satpol PP sempat, petugas gabungan pun mengamankan ODGJ yang kadang berkeliaran tanpa pakaian.

Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu, Liana Hamita, Selasa (12/3/2024) mengatakan pihaknya bersama Satpol PP sudah mengamankan ODGJ tersebut.

Baca Juga  Korban Puting Beliung Terima Bantuan

“Sudah di amankan. Saat ini ada di Rumah Singgah Dinas Sosial Tanah Bumbu di Gunung Tinggi dan di lakukan penanganan selanjutnya,” kata Liana.

Terkait ODGJ tersebut, kata Liana, Dinas Sosial sebelumnya juga sudah pernah melakukan penanganan terhadap yang bersangkutan. Termasuk bimbingan terhadap keluarganya.

Sayangnya saat ini ibu kandung korban yang merawat sudah meninggal. Sehingga mungkin yang bersangkutan kurang terawasi.

Selain itu, Dinas Sosial juga sudah memberikan pembinaan lebih lanjut kepada yang bersangkutan dan keluarga.

Baca Juga  Sekapuk Siap Menangkan SHM-MAR

“Petugas kami sudah pernah kunjungan bersama Dinas Kesehatan, Babinsa, dan Aparat Desa Baroqah Kecamatan Simpang Empat. Untuk memnerikan pembinaan pada ODGJ dan keluarga yang bersangkutan,” ujarnya.

Pada hari ini juga (Selasa 12 Maret 2024), kata Liana, telah di lakukan assasmen terhadap terduga ODGJ oleh Penyuluh Sosial dan TKRSPD Bidang Rehabilitasi Sosial.

Tindakan yang akan di lakukan yakni di sarankan di bawa ke RSUD agar untuk mengetahui kondisi kejiwaan dan solusi lebih lanjut. (Rel/Ddi)