MUI Tanbu Gelar Orientasi Fiqh Nisa

510

fokusbatulicin.net – Posisi perempuan dalam Islam, derajat kemuliannya sama dengan laki-laki dan dibangun berdasarkan pemahaman Al-Qur’an yang mengeliminir sikap tidak memanusiawikan perempuan dalam kehidupan. Oleh karena itu Majelis Ulama Indonesi (MUI) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar orientasi fiqih wanita di Ruang Rapat Bersujud 1 Kantor Bupati Tanah Bumbu, Kamis (21/11).
Kegitan tersebut menghadirkan narasumber Ketua MUI Provinsi Kalimantan Selatan, KH Husin Naparin, Ketua MUI Tanbu KH Fadli Muis dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanbu H Abdul Basit.
Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Andi Aminuddin dalam sambutannya menyambut baik digelarnya orientasi fiqih wanita ini.
Menurutnya kegiatan tersebut sebagai upaya menambah wawasan wanita muslimah memahami ayat ayat fiqih dalam Al-qur’an maupun dalam hadits tentang wanita.
“Kita ketahui bahwa maksud diselenggarakannya Orientasi Fiqih Wanita ini adalah agar wanita muslim dapat memahami dan memaknai ayat-ayat hukum yang terdapat di dalam Al-Quran, maupun hadits hadits hukum dalam kitab kitab hadits,” ungkapnya.
Bupati menambahkan, dengan bertambahnya ketaqwaan dan keimanan maka diharapkan tercipta ketentraman dan keharmonisan hidup, baik di keluarga, beragama maupun masyarakat.
Sementara itu KH Husin Naparin dalam paparannya terkait fiqih wanita menyampaikan beberapa hal, antara lain perihal bagaimana seorang wanita merawat diri sebagai muslimah sesuai fiqih wanita.
“Merawat diri ini sangat penting, tidak hanya dianjurkan dalam dunia kesehatan saja. Islam pun mengajarkan kepada umatnya agar senantiasa menjaga kesehatan. Sebab keutamaan kebersihan dalam islam sangatlah banyak, salah satunya sebagai cara meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT,” ujarnya.
Ia menyampaikan, dengan menjaga kebersihan maka seorang muslimah akan terhindar dari berbagai penyakit selain juga akan menjaga penampilan menjadi lebih menarik dan terhormat.
“Menjaga kebersihan diri bagi seorang muslimah merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah Ta’ala,” ucapnya.
Kegiatan tersebut diikuti para perwakilan Sekolah Menengah Atas/SMK, Madrasah Aliyah, ormas dan instansi pemerintah. (rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here