MHM Ketua Tim Kampanye SHM, Jawab Soal Bendungan

548

fokusbatulicin.net – Mantan Bupati Tanah Bumbu periode 2010-2018 Mardani H. Maming (MHM) selaku Ketua Tim Kampanye untuk Calon Bupati Tanah Bumbu nomor urut 1 Syafruddin H. Maming ketika menyambangi Desa Santiung, Kusan Hilir, Rabu (7/10). Dalam orasinya, Mardani membeberkan soal cita-citanya membangun Bendungan Sungai Kusan yang bisa menyelesaikan permasalahan banjir, sekaligus mengerek ekonomi masyarakat di Kecamatan Kusan Hilir dan Kusan Hulu.

“Bendungan ini adalah cita-cita kami. Pembangunannya bisa menyelesaikan permasalahan banjir yang cukup sering terjadi, sekaligus bisa menjadi titik potensi ekonomi baru di Tanah Bumbu ini,” kata Mardani.

Baca Juga  Camat Kuranji : Waspadai DBD Pasca Banjir

Pasalnya, selain berfungsi sebagai bendungan penangkal banjir, Bendungan Sungai Kusan juga bisa diproyeksikan sebagai titik wisata baru jika ditata dengan baik. Berdirinya bendungan ini juga bisa menopang irigasi pertanian di daerah Kusan Hilir dan Hulu.

“Oleh karenanya, pembangunan bendungan ini juga perlu diteruskan dengan pembangunan pusat-pusat bibit unggul. Air yang ditampung ini bisa mengairi hingga 10,000 hektar sawah. Kalau airnya terjamin, bibitnya bagus, ekonomi petani akan meningkat,” kata Mardani.

Adapun pembangunan Bendungan Sungai Kusan sudah diperjuangkan dan dianggarkan oleh Mardani H. Maming saat menjabat Bupati Tanah Bumbu sejak tujuh tahun lalu. “Semua persyaratan, DED, anggaran teknis dan pelaksanaan sudah kami lengkapi dan saat ini perencanaannya sudah sampai di Bappenas. Kalau tidak ada Covid-19, ini harusnya sudah bisa mulai pembangunan,” kata Mardani.

Baca Juga  BPBD Gelar Pelatihan TRC

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini juga memastikan semua cita-citanya tentang Bendungan Sungai Kusan ini, akan diteruskan dan diperjuangkan oleh Syafruddin H. Maming.

“Ini pasti akan kami lanjutkan (pengawalan pembangunan) untuk Bendungan Sungai Kusan. Semuanya adalah komitmen kami untuk masyarakat,” kata Syafruddin H. Maming menambahkan. (TFB)