MENKUMHAM : LAPAS Kotabaru Mengerikan !!

514

fokusbatulicin.net – Saat tiba di lokasi pembangunan Lapas yang berlokasi di Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham)Yassona Laoly, jumat (07/02/20), langsung meninjau beberapa Blok Hunian termasuk lapangan di sekitar Lapas.

“Di Kotabaru itu saya anggap mengerikan sekali over kapasitasnya, dari 180 menjadi 800 dan juga sangat tidak perikemanusian kalau tidak kita carikan jalan keluarnya, apalagi masalah jaraknya Batulicin dan Kotabaru terbentur biaya bagi keluarga sebagai pembesuk,” ucapnya Yasonna.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly didampingi Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dan Anggota DPR RI Syafrudin H Maming meninjau pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batulicin, bersana unsur Muspida lainnya.

Baca Juga  MHM Ketua Tim Kampanye SHM, Jawab Soal Bendungan

Pada kunjungan tersebut, Menteri Yasonna meninjau langsung lokasi pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang dalam perencanaan lapas untuk mengatasi overcrowded Lapas Kelas II Kotabaru.

Pembangunan Lapas Batulicin menjadi perhatian khusus dikarenakan berimbas pada kurangnya rasa nyaman bagi penghuni dan rentannya gangguan kesehatan ringan yang mengancam para penghuni Lapas, sehingga pembangunan Lapas di Batulicin menjadi salah satu solusi penanggulangan overcrowded Lapas Kotabaru.

Yasona juga menyampaikan dalam peninjauan Lapas ini, pihaknya nanti akan mengajukan permohonan kepada Pemda Tanah Bumbu agar setelah selesainya bangunan ini dapat didayagunakan.

“Kami tidak bisa berjalan sepenuhnya, tanpa bantuan Pemerintah Daerah kerena kami juga punya dana yang terbatas dari APBN. Tentunya wajar pemerintah daerah setempat berkontribusi untuk pembangunan Lapas, kerena yang bakal di bina adalah rakyat kita juga, meskipun kita tidak mengharapkan rakyat kita berurusan dengan Lapas,” tandasnya.

Baca Juga  Ratusan Pegawai terima SK PNS

Diketahui Menteri Yasonna tiba di Bandara Bersujud pada pukul 14.30 wita dengan menaiki helikopter JAT PK-JBD R66 Turbine yang didampingi langsung H Sudain Noor dari Banjarmasin.

Kurang lebih 30 menit berkeliling melihat kondisi bangunan Lapas Batulicin, Yasonna langsung berangkat kembali menuju Bandara Bersujud untuk melakukan penerbangan ke Banjarmasin dalam rangka menghadiri Hari Pers Nasional (TFB).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here