Mau Tau Program Unggulan SHM-MAR, Simak Berikut ini !!!

442

Fokusbatulicin.net – Selama dua periode menahkodai Kabupaten Tanah Bumbu,Mardani H Maming (MHM) lewat program Tri Dharma Pembangunan yakni  Pendidikan, Insfrastruktur dan Kesehatan dinilai telah memberikan manfaat besar yang dirasakan masyarakat Tanah Bumbu.

“Fokus kita, jika terpilih akan melanjutkan program Tri Dharma Pembangunan dengan 3 prioritas yaitu pendidikan,kesehatan dan infrastruktur,” terang SHM Politisi Muda PDIP ini belum lama tadi

Cuncung melanjutkan,bidang pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah,dimana menurutnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas hanya bisa diraih melalui sitem pendidikan yang berkualitas juga.

Untuk mewujudkan hal itu melalui program pendidikan diantaranya pemberian beasiswa pada siswa berprestasi,dukungan pendidikan gratis 12 tahun, hingga beasiswa mahasiswa untuk pendidikan formal dan informal.

Sementara untuk mencetak generasi penerus yang cerdas berkarakter dan berakhlakul karimah ia juga berjanji akan melanjutkan program beasiswa pendidikan bidang keagamaan.

“Pengiriman siswa ke Hadramaut untuk pendidikan keagamaan ini program yang wajib kita lanjutkan,” imbuhnya

Begitupun dibidang kesehatan, lanjut anggota DPR RI yang baru mengundurkan diri karena mencalon sebagai Bupati Tanbu, biaya kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat Tanah Bumbu.

“Bahkan penanganan kesehatan berupa rujukan ke seluruh rumah sakit lain,akan ditanggung pemerintah daerah,” jelasnya.

Sementara dibidang infrastruktur, dijelaskan Cuncung, dirinya akan fokus pada pembangunan jaringan transportasi berupa jalan dengan pembangunan baru maupun peningkatan kualitas.

“Jalan ini akses utama masyarakat baik dari kabupaten ke kecamatan, antar kecamatan,kecamatan kedesa dan juga antar desa,” jelasnya.

Tak hanya itu, pembangunan fasilitas ruang terbuka hijau (RTH) bagi masyarakat di lokasi strategis di setiap kecamatan.

Pembangunan fasilitas pendukung berupa perkantoran. Betonisasi sekolah dengan membangun dan perbaikan ruang kelas baru bagi sekolah dengan bangunan beton.

Sedangkan terkait kebijakan tata kelola pemerintahan, ucap Cuncung, terjabarkan dalam sejumlah bidang, di antaranya bidang pertanian yang meliputi perluasan lahan, pembukaan cetak sawah baru, peningkatan kualitas hasil pertanian dengan pembuatan bibit unggul yang dapat menyesuaikan iklim dan kualitas tanah.

“Menjadikan Tanah Bumbu sebagai lumbung pangan Kalimantan,dengan dukungan sarana alat pertanian (Alsintan) modern yang menunjang poduksi pertanian,sehingga berdampak meningkatnya perekonomian masyarakat,” katanya.

Sementara dibidang perikanan, menurutnya, peningkatan kualitas masyarakat nelayan dengan pemberian fasilitas dan teknologi yang memudahkan untuk mendapatkan hasil tangkap secara maksimal.

“Ini termasuk pemberian fasilitas alat berat untuk pembukaan lahan tambak,” tambahnya

Untuk bidang aparatur, menurut dia meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan memperbanyak pelatihan dan ruang belajar melalui tugas belajar daerah.

Pemerintahan desa juga menjadi perhatian khusus Cuncung, sebagai pioner dan mencetuskan program kesejahteraan desa melalui program 1 M 1 desa dari APBD terus dilanjutkan.

“Melalui program ini akan meningkatkan kualitas pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan bagi penyelenggara pemerintah desa dan instansi vertikal melalui peningkatan gaji kepala desa, pemberian gaji bagi seluruh RT, RW, kepala dusun serta pemberian insentif bagi babinsa dan polisi di setiap desa di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten,” jelas mantan Kepala Desa Pulau Burung 2011-2013 ini.

Untuk bidang pelayanan, memperbaiki tata kelola pelayanan dengan menetapkan batasan waktu maksimal pelayanan keuangan, kependudukan dan perizinan.

“Harus ada kepastian waktu bagi masyarakat dan dipermudah dengan memangkas birokrasi serta pemanfaatan tekhnologi IT,” bebernya.

Demikian juga untuk bidang keagamaan, ditegaskan Cuncung, program pemberian bantuan pembangunan rumah ibadah yang masif dilakukan di seluruh desa.

“Program ini juga termasuk menetapkan pembangunan Masjid Agung di setiap kecamatan agar selaras dengan sebutan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai Bumi Bersujud,” pungkasnya.