KSOP Batulicin, Perikarakan Lonjakan Penumpang Kapal Laut H-5 Lebaran Hingga 25%

30

Melalui Pelabuhan Samudera, dsiapkan enam unit kapal Kepala guna melayani calon penumpang angkutan lebaran 1445 Hijriah/2024, Demikian Ujar  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan Taufan Eka Putra.

Dikutip dari ANTARA, Taufan Eka Putra, di Batulicin, Rabu tadi mengatakan adapun Kapal jenis roll on roll off (Roro) atau kapal angkutan lebaran tersebut terdiri empat unit kapal disiapkan oleh PT Pelni (Persero), satu unit disiapkan oleh PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin dan satu unit disiapkan oleh Negara Kapal milik PT Pelni diantaranya KM Wilis, KM Egon, KM Sanus dan KM Lawit, dan kapal milik PT DLU Cabang Batulicin yaitu KM Dharma Fery III, sedangkan milik negara KM Bung Tomo.

Baca Juga  PELNI Batalkan Keberangkatan Kapal Binaiya Rute BTL-Tanjung Perak

Dia menambahkan, semua kapal tersebut akan melayani rute palayarayan Batulicin-Surabaya PP dan Batulicin Makassar PP siap mengangkut pemudik dengan kapasitas mencapai 4000 lebih penumpang.

Diprediksi, lonjakan atau puncak arus mudik tahun ini akan terjadi lima hari sebelum lebaran atau H – lima dan H + lima Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah hingga 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya atau meninggal hingga 1000 penumpang.

Agar calon penumpang atau pemudik tetap terakomodir, KSOP bersama pihak operator kapal juga menyiapkan duak kapal yakni KM Leuser dab KM Binaiyah.

Baca Juga  Truno Joyo Bakal Layani Batulicin-Kotabaru

“Dua tambahan kapal tersebut saat ini belum dioperasikan, karena hanya akan melayani calon penumpang sebelum dan sesudah lebaran. Sedangkan enam kapal lainya sudah dioperasikan secara reguler,” terang Taufan.

Untuk mendukung layanan angkutan lebaran, KSOP dan istansi yang terlibat telahmeyiapkan sarana dan prasarana sebaik mungkin untuk menyambut angkutan laut lebaran tahun ini salah satunya adalah posko terpadu di Pelabuhan Samudera Batulicin.

“Kami komitmen memberikan layanan terbaik bagi calon penumpang kapal dengan berkoordinasi bersama TNI Polri untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para calon penumpang melalui posko lebaran,” tutupnya. (ANT)