KM 171 Satui, Longsor

374

Telah terjadi longsor susulan pada badan jalan yang ambles di Kecamatan Satui sekitar pukul 10.00 Wita, Jum’at (07/10/2022).

Hal ini dilaporkan Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu), Sulhadi.

Ia menyampaikan, lokasinya yaitu di Jl. Provinsi Km.171 Desa Satui Barat RT.07 Kecamatan Satui. Adapun jalan utama yang menghubungkan Banjarmasin dan Batulicin itu sebelumnya telah mengalami longsor, akibatnya kondisi jalan yang rusak semakin lebar.

Diperkirakan karena kondisi jalan yang sudah labil, akibat daripada adanya aktifitas petambangan disisi jalan akhirnya tidak dapat mendukung lagi dengan beban kendaraan yang melintas.

Baca Juga  Tanah Bumbu Bakal Tambah 2 Kecamatan Baru

Jalan sempat tidak bisa dilewati lagi oleh roda 4 (empat) ke atas dan hanya sepeda motor yang diperbolehkan melintas.

Sementara longsor susulan itu menambah kerusakan jalan sepanjang kurang lebih 200 meter dan beberapa tiang listrik yang terdampak dan harus dipindah karena dikhawatirkan akan tumbang.

Pemerintah daerah melalui BPBD juga terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait dan memantau kondisi di lapangan seperti TNI, Polri, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, dan PLN Persero Ranting Satui, serta aparat Kecamatan dan Desa.

Baca Juga  Pemkab Tanbu Ikut Rakor Inflasi Daerah

Untuk sementara arus lalu lintas dialihkan melalui jalan alternatif, bagi mobil Roda 6 (enam) atau lebih dari arah Banjarmasin masuk Simpang 4 Sompul menuju jalan houling HB. Putra keluar di simpang 3 atau under pass H Abidin.

Sedangkan untuk mobil Roda 4 (empat) dari arah Batulicin masuk Gang Munawar Desa Sinar Bulan menuju Jalan Holing HB. Putra keluar Simpang 3 Desa Jombang (Jalan Provinsi).

Kemudian saat ini, PLN juga melakukan upaya pergantian tiang listrik yang rusak. (PH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here