Kemenag Kalsel Terus Lakukan Sosialisasi Wajib Halal

158

Dalam rangka kelanjutan dari pelaksanaan rangkaian kegiatan Wajib Halal Oktober (WHO) 2024, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi WHO 2024.

Kegiatan itu bersamaan dengan pelaksanaan pengawasan jaminan produk halal secara serentak di 34 Provinsi dan di seluruh Kab/Kota di Indonesia setelah kegiatan serupa yang dilaksanakan 5 Maret 2024 lalu.

Dilansi dari website resmi Kemenag Kalsel, dipaparkan Untuk Kalimantan Selatan pelaksanaannya difokuskan ketiga titik lokasi. Pertama Pengawasan Rumah pemotongan Unggas Maria Ulfah di kawasan Kampung Melayu Banjarmasin, kedua Pengawasan Jasa Penjualan hasil sembelihan daging di pasar Ahad tradisional Pal 7 Kertak Hanyar dan Pengawasan jasa penjualan hasil sembelihan daging di pusat perbelanjaan grosir Lotte Mart.

Satgas Halal Provinsi Kalimantan Selatan, Pendamping Proses Produk Halal (P3H) dari Halal Center Cendekiawan Muslim (HCCM) Kalimantan Selatan di dampingi Tim BPJPH pusat langsung terjun ke Lapangan menemui para pelaku usaha, Kamis (04/04/24).

Baca Juga  Air Sungai Naik, Camat Instruksikan Warga Jangan Panik!!

Tempat pertama yang di kunjungi adalah RPU Maria Ulfah di kawasan Kampung Melayu, yang merupakan usaha membersihkan serta memotong daging Unggas (ayam) yang nantinya akan di distribusikan ke Pasar-pasar Tradisional.

Maria ulfah menyambut baik kedatangan Tim Satgas beserta rombongan yang mana menurutnya hal tersebut sebuah keberuntungan bagi usahanya kedepan nanti, dan Tim Satgas pun bisa melihat langsung bagaimana usaha dia.

Begitu pula saat Tim Satgas menyambangi Pasar Tradisional Pal 7 Kertak Hanyar, kedatangan Tim Satgas di sambut antusias para pedagang. Banyak dari mereka bertanya bagaimana cara mendapatkan serta mengurus Logo Halal.

Asmuni, salah satu pedagang daging potong mengaku sudah lama mengetahui kabar tentang wajibnya Halal dalam sebuah produk yang di jual namun dirinya mengakui tidak tahu kemana harus bertanya serta mengurus Logo Halal tersebut.

Baca Juga  Mesjid Keramat HST, Bukti Penyebaran Islam Demak Pertama Di Kalimantan

“Saya bersyukur hari ini bisa bertemu langsung dengan Tim Satgas Halal, jadi saya bisa langsung bertanya tanpa harus menyambangi ke kantor, karena ini penting bagi usaha saya,” ujarnya.

Di titik terakhir, Satgas Halal dan Rombongan melakukan Pengawasan jasa penjualan hasil sembelihan daging di pusat perbelanjaan grosir Lotte Mart yang disambut langsung Manager Lotte Mart beserta staf.

Di Lotte Mart, Tim Satgas melakukan bimbingan serta pemahaman serta Sharing dengan pimpinan lotte Mart tentang logo Halal, bagaimana cara mengurusnya serta wajib Halal di Bulan Oktober.

Salah satu Satgas Halal Kalimantan Selatan Fajar berharap dengan terselenggaranya kegiatan langsung terjun ke lapangan atau on the spot ini WHO 2024 tercapai sukses. “Semoga target yang diharapkan bisa tercapai,” ujarnya. (FBN)