Kecamatan Simpang Empat Dikembangkan Menjadi Pusat Perikanan Cerdas

81

Kabupaten Tanah Bumbu khususnya wilayah Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat bakal dikembangkan menjadi sebuah desa perikanan cerdas atau Smart Fisheris Village (SFV).

Mengingat Desa Sungai Dua ini sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah sebagai kampung patin.

Untuk menuju pencanangan Desa Perikanan Cerdas tersebut, dimulai dengan kunjungan
rombongan Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ke Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka melihat lokasi Desa SFV tersebut serta melakukan sosialisasi Desa Perikanan Cerdas kepada sejumlah kelompok pembudidaya ikan Patin.

Baca Juga  Pemkab Tanbu Gelar Rakor Natal dan Tahun Baru

Kunjungannya di dampingi Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar beserta jajarannya, Rabu (21/6/2023) di Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat.

Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBPP2BKP) Langgeng Nurdiansyah mengatakan SFV merupakan konsep pembangunan desa dari hulu – hilir yang berbasis penerapan teknologi dan manajemen tepat guna serta peningkatan masyarakat ekonomi desa.

Tujuan SFV adalah menggali dan mengembangkan Desa Perikanan lebih maju dan berkelanjutan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat desa, serta menjadi model teknologi yang dikembangkan oleh KKP untuk diadopsi oleh masyarakat.

Baca Juga  Gerakan Vaksinasi Rabies Serentak, Digeber

Dalam pertemuan antara BRSDMKP dengan Kelompok Pembudidaya Ikan ini turut diapresiasi oleh Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar, yang mana dalam pertemuan ini terdapat banyak ilmu pengetahuan yang didapat oleh para pembudidaya, khususnya budidaya ikan patin.

Disini tidak saja pengembangan ikan patin saja, semoga ada ikan lainnya seperti ikan nila juga bisa dikembangkan sehingga para kelompok bisa sejahtera dan mampu memberi manfaat buat keluarga.

“Melalui pengetahuan inilah yang membuat kita termotivasi untuk maju berusaha dan usaha kita berkah dan meningkat,” kata Bupati. (Ewin)