Kabupaten Barru, Sukses Turunkan Angka Stunting Secara Drastis

30
Pemerintah Kabupaten Barru membuat sebuah inovasi dalam menurunkan angka stunting dengan membentuk Kelompik Sadar Stunting (Mpok Darti).

Mpok Darti merupakan kelompok kerja beranggotakan pendamping Keluarga Penerima Manfaat (PKH) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di setiap desa/kelurahan.

Kabupaten Barru berhasil berhasil menurunkan angka stunting secara drastis pada 2022. Barru bahkan menjadi kabupaten dengan angka stunting terendah di Sulawesi Selatan pada tahun itu.

Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), Barru memiliki capaian terendah di angka 14,1 persen pada 2022. Angka ini menurun tajam dibanding tahun 2021 yang mencapai 26,4 persen.

Angka stunting di Indonesia masih cukup tinggi yaitu 21,6 persen, meskipun turun dari tahun sebelumnya yaitu 24,4 persen. Hasil yang cukup memprihatinkan dari survei SSGI adalah risiko terjadinya stunting meningkat sebesar 1,6 kali dari kelompok umur 6-11 bulan ke kelompok umur 12-23 bulan.

Salah satu program yang dijalankan adalah ‘satu hari satu telur’. Mpok Darti melakukan pendampingan anak atau balita stunting secara langsung. Mereka memberikan anak tersebut satu telur dalam sehari.

Anak-anak ini harus ruting mengonsumsi telur selama dua bulan. Program ini berjalan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Barru.

Kelompok ini juga memantau aktivitas makan telur setiap hari bagi anak stunting lewat grup WhatsApp. Tim lapangan di setiap kecamatan akan mengirim foto sebagai bukti anak-anak stunting mengonsumi telur melalui grup tersebut.
Apresiasi dari Menkes

Baca Juga  Korban TSunami Sulteng, Masih Terlantar

Menteri Kesehatan Budi Gunadai mengapresiasi Pemkab Barru yang berhasil menurunkan angka stanting sepanjang 2022. Ia menilai Mpok Darti sebuah inovasi dalam menekan jumlah anak atau balita stunting.

Apresiasi dari Menkes

Menteri Kesehatan Budi Gunadai mengapresiasi Pemkab Barru yang berhasil menurunkan angka stanting sepanjang 2022. Ia menilai Mpok Darti sebuah inovasi dalam menekan jumlah anak atau balita stunting.

“Pak Bupati dan Ibu Bupati Kabupaten Barru ini luar biasa hebat, menggerakan kelompok kelompok masyarakat seperti Mpok Darti ini. Bisa memberikan protein hewani (telur) untuk anak stunting,” kata Budi.

Upaya percepatan penurunan stunting merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh dan kembang pada anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang khususnya di 1000 hari pertama kehidupan.

Sementara itu Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan pihaknya akan terus menekan angka stunting. Ia mengajak semua pihak terkait terlibat dalam upaya mengurangi stunting di Barru.

Suardi menyebut program makan satu telur satu hari juga harus tepat sasaran. Selain itu, anak stunting dan ibu hamil juga wajib datang ke posyandu setiap bulan.

Baca Juga  500 Mahasiswa KKN Diminta Jaga Etika

Selain itu, kata Suardi, pihaknya juga berhasil menurunkan angka kemiskian ekstrem. Ia menyebut saat ini turun mencapai 0,30 persen dan menjadi kabupaten dengan kemiskian ekstrem terendah di Sulawesi Selatan.

“Percepatan penurunan kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Barru memerlukan keterpaduan dari berbagai pihak yang terkait,” kata Suardi.

Kabupaten Barru merupakan salah satu daerah yang dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. Ini merupakan ajang penghargaan pertama yang digelar CNN Indonesia, tepatnya akan berlangsung pada 21 Maret 2024 di kota Makassar.

Untuk CNN Indonesia Awards pertama, penghargaan akan diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten, BUMD, serta pihak swasta yang ada di Sulawesi Selatan.

Kabupaten Baru terbentuk pada 1960 berdasarkan Undang-Undang Nomor 229 tahun 1959 tentang pembentukan Daerah-daerah Tingkat II di Sulawesi Selatan. Kabupaten ini terbagi dalam 7 kecamatan yang memiliki 40 desa dan 14 kelurahan.

Luas wilayahnya sekitar 1.174,72km² dengan jumlah penduduk sebanyak 186.910 jiwa pada 2022.
(tim/fra)

Sumber Data dan Foto : CNN Indonesia “Cerita Sukses Kabupaten Barru Drastis Turunkan Angka Stunting” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240317005245-25-1075168/cerita-sukses-kabupaten-barru-drastis-turunkan-angka-stunting.