Jutaan Jiwa Dipastikan Bakal Melihat Gerhana Matahari Total Dibelahan Dunia

46

ANTARIKSA — Gerhana matahari total pada 8 April 2024 hanya terjadi dari dalam jalur selebar 185 kilometer dan panjang 16.000 km. Namun, totalitas itu akan menjadi salah satu gerhana perkotaan terbesar selama beberapa dekade.

“Gerhana matahari total pada 8 April mendatang akan menyelimuti jutaan orang,” ujar Michael Zeiler, kartografer gerhana di GreatAmericanEclipse.com kepada Space.com.

Lebih dari 31 juta orang di Amerika Utara akan menyaksikan totalitas, dan sekitar 10 juta orang di antaranya berada di 10 kota besar. Di belahan bumi lain, mungkin akan terlihat sebagai gerhana sebagian.

Baca Juga  Kapuas Berguncang, Akibat Gempa Lokal

“Jika Anda menambahkan pengunjung yang datang untuk melihat gerhana matahari total di jalur tersebut, antara 40 dan 50 juta orang akan menyaksikan totalitas,” kata Zeiler.

Baca Juga  Masa Inkubasi Virus Di Indonesia 5-6 Hari

Dari Mazatlan dan Torreon di Meksiko melalui kota-kota besar di Texas, Indianapolis, dan Montreal di Kanada, jutaan penduduk kota di seluruh Amerika Utara akan menyaksikan totalitas dari kotanya.

Data dan foto diambil dari laman : https://antariksa.republika.co.id/news/1714451443/gerhana-matahari-total-8-april-10-kota-ini-berada-di-jalur-totalitas?page=2