Jelang Haul Guru Sekumpul, Pemprov Kalsel Siapkan 10M

698

fokusbatulicin.net – Pihak Pemprov Kalsel meningkatkan fasilitas jalan dan dua buah jembatan di kawasan sekitar Jalan Sekumpul Ujung, Desa Bincau dan Jalan Pendidikan, Kabupaten Banjar.

Fungsinya tidak lain guna mendukung untuk pelaksanaan Haul ke-15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau lebih dikenal dengan Guru Sekumpul yang digelar 29 Februari dan 1 Maret 2020 mendatang.

Dua jembatan ini adalah akses vital untuk menuju kubah tempat pelaksanaan haul. Seperti diketahui jembatan sebelumnya lebarnya hanya tiga meter. Padatnya jemaah yang datang, membuat jembatan ini menjadi macet karena akses menciut.

Kadis PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalsel, Yasin Toyib, belum lama tadi menjelaskan, dua jembatan itu dilebarkan yang tadinya tiga meter menjadi tujuh meter sehingga bisa memperlancar arus di jalan tersebut.

“Kami anggarkan mencapai Rp 10 miliar. Lokasinya satu buah jembatan di Jalan Pendidikan, dan kini sudah tuntas, dan tinggal pengeringan bahan. Yang kedua, yakni jembatan di Jalan Sekumpul Ujung akan tuntas pada awal tahun mendatang sebelum pelaksanaan haul nanti,” tandas Yasin Toyib.

Dijelaskan Yasin Toyib, dua titik jembatan tersebut memang menyempit dan menjadi titik vital jemaah yang menghadiri haul.

Dia berharap, mudah-mudahan setelah dua jembatan ini dilebari, dapat mempermudah jemaah yang hadir saat haul nanti.

Salah seorang warga Bincau mengaku senang dengan dilebarkannya akses dua jembatan ke Kubah Sekumpul ini.

“Ya memang benar kalau sudah sepantasnya dilebarkan. Jangankan haul, ketika hari biasa saja ketika ada truk melintas, pengendara harus bergantian supaya bisa lewat karena tak cukup untuk arus berlawanan. Jembatan ini salah satu akses utama. Belum lagi di Bincau ada perkantoran Pemkab. Semoga saja saat haul nanti sudah selesai,” runut Jayadi warga bincau ini.(Banjarmasinpost.co.id)//punk