Jalan Emil Penghubung Tanah Bumbu HSU, Longsor

53

Longsor terjadi di Jalan Provinsi km 85, RT 03 Desa Emil Baru, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (19/6).

Jalan tersebut menghubungkan kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Tampak longsor membuat sebagian jalan amblas. Pengguna roda dua dan roda empat masih bisa melintas.

Longsor yang terjadi di jalan poros Batulicin-Kandangan, tepatnya di Km 85 Desa Emil Baru, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu semakin parah.

Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu Sulhadi mengatakan, akibat longsor di lokasi tersebut, lebih dari sebagian jalan tertutup.

Baca Juga  Zairullah Lantik BPD Hidayah Makmur

Ia bersama tim BPBD Tanah Bumbu pada Rabu, (19/6/2024) malam, saat dikonfirmasi mengaku sedang melakukan peninjauan di lokasi longsor.

Bencana alam yang menutup jalan tersebut juga mengakibatkan beberapa kendaraan tidak dapat melintas.

“Saat ini saya sedang berada di lokasi longsor, karena ada longsor susulan di Desa Emil Baru,” kata Sulhadi.

Berbagai upaya juga telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui BPBD Tanah Bumbu untuk mengatasi jalan yang tertutup akibat longsor. Sehingga para pengendara dapat melintasi jalur tersebut dengan aman dan lancar.

“Kami berkoordinasi dengan PUPR dan Balai Jalan untuk menurunkan alat berat untuk membantu menyingkirkan pasir yang menutup jalan akibat longsor,” ujar Sulhadi.

Baca Juga  Sosialisasi Permendes 13, Tahun 2020, Dihadiri Kepala Desa Se Tanbu

Belum diketahui secara pasti penyebab longsor yang terjadi di Desa Emil Baru Kecamatan Mantewe tersebut. Diperkirakan bencana ini terjadi akibat curah hujan tinggi yang telah mengguyur wilayah Tanah Bumbu beberapa waktu lalu.

Kalak BPBD Tanah Bumbu mengimbau untuk sementara, akses transportasi jalur Batulicin-Kandangan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda 6 maupun roda 4. sedangkan untuk kendaraan roda 2 diharapkan agar lebih waspada dan berhati-hati sat melintasi jalan tersebut.