Jalan Alternatif KM 171 Dipastikan Aman

197

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) memastikan jalan alternatif yang dibangun pemerintah daerah menyikapi terjadinya longsor di Jalan Nasional KM 171 Kecamatan Satui sudah bisa dilalui sejak Minggu (16/10/2022) sore.

Demikian dikatakan Sekda Tanbu H Ambo Sakka, Senin (17/10/2022) di Kantor Bupati Tanbu di Batulicin.

Ia menambahkan pembangunan jalan alternatif lingkar Satui tersebut merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah Tanah Bumbu dalam mengatasi permasalahan jalan nasional yang ada di Desa Satui Barat sehingga jalur transportasi dan perekonomian kembali normal seperti biasanya.

Baca Juga  Pesona Melasti Dipantai Madani, Menyambut Hari Suci Nyepi

“Kemarin (Minggu), Kami turun langsung kelapangan untuk memastikan bahwa jalan alternatif (lingkar Satui) yang dibuat tersebut sudah bisa digunakan sejak pukul 17.00 Wita,” ungkapnya.

Jalan nasional merupakan kewenangan pemerintah pusat yang dikelola Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN). Karena masyarakat Tanah Bumbu yang terdampak sehingga pemerintah daerah harus turun tangan untuk mengambil langkah alternatif dan permasalahan jalan yang putus dapat segera teratasi dengan cepat.

Baca Juga  2020, Dana Desa Capai 72 Triliun

Pembangunan jalan alternatif tersebut bukan pengambil alihan kewenangan jalan nasional, tapi hanya pengalihan jalur melalui jalan alternatif saja. (Iwn)