Idul Adha, Zairullah Naik Mimbar, Beri Mau’izzatul Hasanah

65

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar mengingatkan warganya agar menjadikan momentum hari Raya Idul Adha sebagai bentuk kepedulian sosial dan solidaritas terhadap sesama manusia.

Hal ini ia sampaikan pada momen pelaksanaan Sholat ied di Masjid Darul Azhar, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, Senin (17/6/2024).

Bupati juga mengutip sabda Rasulullah SAW terkait ibadah di Hari Raya Idul Adha.

“Hal ini, merupakan bagian dari hikmah hari Raya Idul Adha, sebagai bentuk kepedulian sosial dan solidaritas kita terhadap sesama manusia, sesuai dengan sabda Rasulullah: Barangsiapa yang memiliki kelapangan (Rezki) lalu tidak melakukan kurban, maka janganlah mendekati tempat sholatku,” ungkapnya.

Dalam kegiatan sholat ied ini, Zairullah mengajak untuk menghayati momen hari raya Idul Adha untuk tunduk sepenuhnya pada kemahabesaran Allah SWT, seraya merenung kembali keteladanan agung Nabi Ibrahim yang telah teruji memiliki keikhlasan, kekuatan hati dan ketaatan mutlak terhadap Allah SWT.

Baca Juga  LKPJ 2019 Dilaporkan Lewat Vicon

Nabi Ibrahim mendapat ujian keimanan luar biasa ketika mendapat wahyu illahi melalui mimpi yang memerintahkan nabi Allah untuk mengorbankan putra terkasihnya, Nabi Ismail Alaihissalam.

“Untuk itu, melalui kesempatan yang baik ini, saya berharap kita semua, juga dapat memaknai dan memetik hikmah dari peringatan Idul Adha kali ini. Tidak hanya sebatas proses ritual saja, tetapi juga dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, dalam kehidupan bermasyarakat sebagai media meningkatkan hubungan silaturahmi dan ibadah, serta keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” katanya.

Baca Juga  DPRD Bahas 3 Raperda

Oleh sebab itu, pihaknya atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat yang telah menunaikan kewajibannya dalam berkurban.

“Untuk itu, saya mengajak kita semua, mari kita doakan mereka, agar diberi kekuatan, pertolongan dan dimudahkan, dalam menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji, sehingga dapat menjadi ibadah haji yang Mabrur, dan kembali berkumpul dengan sanak saudara di Bumi Bersujud dalam keadaan sehat dan selamat. Aamiin Ya Robbal ‘alamin,” bebernya.