Hujan 1 Malam, 3 Kecamatan Di Tanbu Terendam Banjir

668

fokusbatulicin.net – Sejumlah rumah dan fasilitas umum di tiga kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu, terendam banjir. Tiga Kecamatan itu diantaranya Kecamatan Satui, Kecamatan Sungai Loban dan Kecamatan Kuranji.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu Eryanto mengatakan, banjir diakibatkan tingginya curah hujan sejak Sabtu (6/6/2020) dini hari. ” Banjir terjadi akibat malam tadi curah hujan yang cukup tinggi,” ucap Eryanto.

Eryanto menambahkan, banjir terparah terjadi di Desa Damar Indah dan Desa Sungai Dua Laut yang berada di Kecamatan Sungai Loban. Di wilayah ini, banjir juga menggenangi sejumlah fasilitas umum seperti sekolah dan rumah ibadah.

Baca Juga  Sehari sebelum Peringatan HBPU, Dinas PUPR Terima Mobil Reaksi Cepat
“Ketinggian air di dua desa itu mencapai satu hingga dua meter, di sana yang paling parah,” jelasnya.

Di Desa Sekapuk di Kecamatan Satui, banjir yang menggenangi jalan provensi ini mengakibatkan akses lalulintasmenjadi macet, karena memiliki arus yang cukup deras, dan ketinggian air mencapai diatas 30cm.
“sepintas seperti banjir bandang, karena air yang berada dibawah jembatan sekapuk sudah terlihat cukup deras dan menghanyutkan beberapa ranting dan pohon, sehingga bagi pengendara roda dua agak susah melewatinya, salah sedikit terpeleset bisa terbawa arus” ujar Widodo (52) warga Satui.
sementara di Desa Ringkit dan Desa Karang Intan yang berada di Kecamatan Kuranji. juga mengalami hal yang sama, banjir yang terjadi sejak dini hari itu, tidak berlangsung lama berangsur surut sejak siang tadi.
“ketinggian air di kedua itu sudah berangsur surut sejak siang tadi. Untuk di Kecamatan Kuranji, air sudah mulai surut sekitar 20 sentimeter, karena di sana hanya banjir kiriman,” Jelasnya (TFB)
foto : Camat S. Loban

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here