H.M. Rusli Siap Maju Pilkada 2024

604

Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli bakal mengisi bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) Bupati Tanah Bumbu periode 2024-2029 tanggal 27 November mendatang.

Nama pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Tanah Bumbu itu telah berkomitmen untuk maju dalam bursa pencalonan Bupati Tanah Bumbu periode 2024-2029.

Partai Golkar menjadi partai pengusungnya dalam memperebutkan posisi sebagai Kepala Daerah di kabupaten berslogan Bumi Bersujud itu.

Tak hanya itu, keinginan agar dirinya menjadi tampuk pimpinan setelah masa jabatan Bupati Tanbu saat ini HM Zairullah Azhar juga didukung sejumlah partai koalisi, yakni PAN, PKS, Gerindra dan sejumlah partai lainnya.

Positifnya Muh Rusli maju di Pilkada Tanbu juga telah dibuktikan dengan terpampangnya baliho foto dirinya di beberapa sudut kota, seperti yang ada di Kecamatan Simpang Empat, Batulicin, Karang Bintang, Angsana, Mantewe dan Satui.

“Saya maju di Pilkada Tanbu ini karena diminta oleh masyarakat. Jadi, mohon doa dan dukungannya,” ujar Muh Rusli, Jumat (29/3/2024).

Dia mengaku, saat ini sudah mulai melakukan pendekatan ke sejumlah partai politik, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat Tanbu untuk meminta dukungan maju pada Pilkada Tanbu.

Baca Juga  Pemkab Tanbu dan ITP Tarjun Lakukan Pembaharuan Kerjasama

“Secara garis besar, visi utama saya maju dalam Pilkada mendatang adalah mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu yang maju, sejahtera dan lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara itu, saat ditanya terkait sosok pendamping untuk menjadi wakilnya, Muh Rusli sudah mengantongi beberapa nama.

“Siapa wakilnya nanti, saat ini belum bisa menyebutkan pastinya, karena prosesnya masih panjang,” pungkasnya.

H. Rusli dikenal sebagai sosok yang sudah melalang buana di dunia birokrasi. Terhitung, sudah puluhan tahun mengabdi untuk masyarakat sejak tahun 2009. Mulai Kasi hingga Camat.

Berikut Profil Singkat HM Rusli

H. Rusli Lahir di Bone 3 Juli pada tahun 1968, ia adalah sosok pekerja keras. Bahkan sejak ia kecil, sudah terbiasa bekerja.

Seperti saat ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). H.M Rusli ikut bertani sawah dan menjual es keliling. Dari hasil kerjanya itu, ia gunakan bayar sekolah. Termasuk saat duduk di bangku SMP sampai SMA.

Kegigihan berusaha itu, membuat H. Rusli tidak tergantung biaya dari orang tua. Bahkan, dia menyelesaikan pendidikan S1 dengan gelar Sarjana Sosial.

Pada tahun 2009, kakak kandung pengusaha Haji Isam ini mengawali karir di dunia birokrasi dengan jabatan pelaksana harian kasi partisipasi masyarakat dan kelembagaan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Baca Juga  156 KK Warga Sungai Bali Kotabaru, Terima Bantuan Pemda Tanbu

Tahun berikutnya, ia menjabat sebagai Kasubag Umun dan Kepegawaian di Kecamatan Kuranji. Kemudian tahun 2011, ia menjabat sebagai kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Simpang Empat.

Pada tahun 2012, ia bertugas di Dinas Lingkungan Hidup menjabat Kasi Tata Bangunan dan Kebersihan. Di tahun serupa, ia juga bertugas sebagai Kasi Operasional Satpol PP Tanah Bumbu.

Tahun berikutnya, ia berpindah ke Dinas Pertambangan dan Energi sebagai Kasi Pengawasan Pertambangan hingga tahun 2018.

Setelah berkarir cukup lama, pada tahun 2018 ia diangkat menjadi Camat Batulicin. Namun, di tahun yang sama, ia berpindah dan diangkat menjadi Camat Mentewe hingga tahun 2019.

Karir terakhirnya sebelum jadi wakil bupati adalah Kabid Sarana dan Prasarana di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura di Provinsi Kalimantan Selatan. Kemudian tercatat karir terakhirnya saat ini sebagai Wakil Bupati Tanah Bumbu berpasangan dengan Bupati  Zairullah Azhar ***