Gempa Tuban M6,5 Sampai Terasa Disejumlah Wilayah Kalimantan Selatan

213

Gempa sore ini Jumat 22 Maret 2024 kembali terjadi di Tuban Jawa Timur pada pukul 15:52:58 WIB.

Info BMKG gempa sore ini cukup kencang mencaia 6.5 magnitudo.

Dari informasi BMKG gempa sore ini terjadi dikabarkan pusat gempa terjadi pada 130 km Timur Laut Tuban Jawa Timur.

BMKG pun menerangka gempa sore ini berada di kedalaman 10 km. Dalam kesempatan itu BMKG pun mengabarkan tidak berpotensi tsunami namun menyarankan agat hati hati terhadap gempabumi susulan yang terus mungkin terjadi.

Gempa sore ini

Mag 6.5

Hari/tanggal : Jumat 22 Maret 2024

Pukul : 15:52:58 WIB

Kedalaman : 10 Km

Pusat Gempa : 130 Timur Laut Tuban Jawa Timur

Arahan : Tidak Berpotensi Tsunami

Saran BMKG: Hati Hati gempa susulan

Lokasi : 5.76 LS, 112.33 BT

Gempa berkekuatan magnitudo 6,5 mengguncang Tuban, Jawa Timur pada Jumat (22/3/2024) pukul 15.52.58 WIB.

Gempa ini berpusat di laut, 130 km timur laut Tuban, Jatim dengan kedalaman 10 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

“Gempa Mag:6.5, 22-Mar-24 15:52:58 WIB, Lok:5.76 LS,112.33 BT (130 km TimurLaut TUBAN-JATIM), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG,” tulis BMKG di akun X, Jumat.

Gempa bumi itu juga hingga dirasakan oleh warga Kalimantan Selatan, di Wilayah Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin hingga ke sejumlah wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa bumi yang terjadi memiliki parameter update dengan magnitudo M6.0

Sedangkan Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,79° LS ; 112,32° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 126 Km, arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

Baca Juga  Batulicin Turun Hujan Lebat

Bila dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa.

Seorang warga lingkungan Jalan Sungai Andai Komplek Herlina Perkasa Blok 1 Alpukat RT 44, Kecamatan Banjarmasin Utara, Norkamilah, mengatakan ia merasakan getaran gempa sekitar pukul 16.55 Wita.

“Berguncang, goyang-goyang. Semua keluar rumah, kalau ada apa-apa. Keluar dari rumah, berasa benar goyangannya,” kata Norkamilah, Jumat, 22 Maret 2024.

Ia dan warga setempat lekas keluar rumah saat merasakan getaran gempa. Namun, belum ada informasi kerusakan bangunan akibat gempa susulan yang berpusat di Laut Jawa tersebut.

Jika di sebagian wilayah banjarmasi gempa tersebut hingga membuat warga berhamburan keluar rumah, berbeda halnya dengan sejumlah warga Batulicin Tanah Bumbu yang merasakannya seperti terayun saja.

“Saya kaget saya fikir ada mobil apa lewat kok rumah saya goyang, saya merasa seperti orang hanyut. Ujar Putri warga perumahan Bumi Dharma Praja Kersik Putih Batulicin ini.

Bahkan ayunan goncangan gempa sore itu terasa sampai di Kota Pagatan, Khadijah warga setempat mengaku juga merasakan goncangan itu, tapi samar terasa hanya beberapa saat namun sempat menggoyangkan badan ketika sedang duduk didalam kendaraannya.

“Saya sempat tanya suami saya, merasa gak goyang, lindu ya? ucap saya.

Rentetan gempa masih terjadi dari Laut Jawa, dekat Pulau Bawean, hingg pada sore hari ini, Jumat 22 Maret 2024. Mengguncang lebih kuat dan luas.

Warga Banjar Indah Permai Kota Banjarmasin juga merasakan getaran gempa bumi yang kedua pada Jumat (22/3/2024) sore sekitar pukul 16.25 Wita. Getaran gempa yang kedua ini terasa lebih kuat dan lebih lama dibandingkan getaran sebelumnya.

Baca Juga  BNPB, 9 Orang Meninggal Akibat Banjir Jabodetabek

Warga berlarian ke luar rumah karena kaget merasakan getaran yang lebih kuat dibandingkan getaran sebelumnya yakni gempa Tuban Jatim dengan magnitudo 6,1 SR pada pukul 12.25 Wita.

“Terasa berayun, dikira kepala hanyut, ternyata getaran gempa bumi,” kata pedagang kelapa di Kompleks Banjar Indah Permai, Banjarmasin, Jumat sore.

Sejumlah warga yang belanja keperluan untuk berbuka puasa di sejumlah pedagang di warung makanan juga kaget. Begitu juga para penjualnya.

“Beguyang banar, terasa benar, kepala pusing. Lebih kuat dari siang tadi,” kata penjual makanan.

Berdasarkan informasi yang beredar di WA grup, terlihat pengunjung salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Banjarmasin panik setelah merasakan getaran gempa.

Para pengunjung yang kaget merasakan getaran gempa, langsung berdesakan turun melalui ekscalator untuk keluar dari pusat perbelanjaan.

Selain di Kota Banjarmasin, getaran gempa yang berpusat di Laut Jawa itu juga dirasakan warga Banjarbaru dan sekitarnya.

Namun, belum diketahui apakah ada dampak gempa dengan magnitudo 6,5 SR yang terjadi di laut Jawa, 130 Km Tuban Jatim, tersebut di Kalsel.

Info terjadinya gempa bumi tersebut juga banyak beredar di grup WA warga Banjarmasin. Di grup WA Banjar Indah Permai, sejumlah anggotanya juga menanyakan informasi gempa bumi itu.

Bersamaan dengan getaran yang kembali terasa lebih besar dan lebih lama waktunya tersebut, informasi gempa yang terjadi di Tuban Jatim dengan magnitudo 6,5 SR tersebut banyak beredar di media sosial.****