Gempa Terasa Getarkan Sebahagiaan Jatim – Jateng

157

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,1 yang dimutakhrkan menjadi M 5,9 terjadi di Tuban, Jawa Timur. Gempa terasa di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

BMKG menyampakan sejumlah wilayah turut merasakan getaran gempa. Getaran gempa dilaporkan terasa hingga Bawean, Jawa Timur.

“Dirasakan di daerah Tuban dengan skala intensitas IV-V MMI atau getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk. Bawean dengan skala intensitas III-IV MMI atau bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui keterangan tertulis, Jumat (22/3/2024).

Kemudian gempa juga dilaporkan terasa di Jepara dan sejumlah wilayah di Jawa Tengah seperti Semarang hingga Yogyakarta. Gempa juga terasa di sejumlah wilayah Jawa Timur seperti Surabaya dan Malang.

Baca Juga  Sepakat !!! Pilkada Serentak 9 Desember 2020

“Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, dan Yogyakarta dengan skala intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan akan truk berlalu,” ujarnya.

Daryono menuturkan gempa tidak berpotensi tsunami. BMKG juga mencatata masih adaya gempa susulan yang terjadi.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.Hingga pukul 11.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan M 4,4,” tuturnya.

Baca Juga  MUI Tanbu Gelar Orientasi Fiqh Nisa

Daryono menyampaikan gempa yang terjadi pada pukul 11.22 WIB tadi terjadi akibat adanya aktifitas sesar aktif di laut Jawa. Gempa bumi berjenis dangkal.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” imbuhnya.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,79° LS dan 112,32° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 126 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur. Kedalaman gempa 10 Km.

Sumber data dan foto : https://www.google.com/amp/s/news.detik.com/berita/d-7255638/daftar-wilayah-di-jatim-hingga-jateng-yang-rasakan-gempa-tuban-hari-ini/amp