DKUMP2 Tingkatkan Sumber Daya Pelaku Usaha Pemula

127

Dalam rangka meningkatkan sumber daya pelaku usaha pemula dinas Koperasi Usaha Mikro perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Tanah Bumbu menggelar pelatihan kewirausahaan yang bertempat di Aula Kantor Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat, Selasa 14/2/2023.

Adapun Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh seluruh pelaku usaha kecil dan pemula dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu dengan menghadirkan rasumber dari balai pelatihan Koperasi Usaha Kecil Provinsi Kalimantan Selatan dan DPMPTSP.

Kepala Bidang Koperasi Usaha Mikro DKUMP2 Tanah Bumbu Erna Kalsum mengatakan, maksud dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan kompetensi SDM bagi pelaku usaha mikro menjadi pelaku usaha kecil (naik kelas UMKM).

Baca Juga  2 Motor Bantuan, Diserahkan Sekda

Lebih lanjut Ia berharap, pelatihan ini bisa menambah wawasan peserta tentang dunia usaha. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah meningkatkan daya saing perekonomian daerah berbasis kerakyatan, potensi unggulan lokal dan industri,” Katanya.

Sementara itu, narasumber dari Balai Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Kalimantan Selatan Rohadi Nursetya Wibawa mengatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu pilar utama ekonomi nasional, yang harus memperoleh kesempatan utama, dukungan, perlindungan dan pengembangan seluas luasnya, sebagai wujud keberpihakan kepada kelompok ekonomi rakyat.

Baca Juga  Sekda Tanbu Sambangi Warga Kebanjiran

Dikatakannya, meskipun UMKM telah menunjukkan peranannya dalam perekonomian nasional, namun masih menghadapi berbagai hambatan dan kendala diantranya kendala yang dihadapi berkaitan dengan produksi dan pengolahan, pemasaran, SDM, design dan teknologi, permodalan serta iklim usaha,

Oleh sebab itu, kami berharap kepada peserta pelatihan agar mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan sungguh sungguh. Mengolah dan memasarkan produknya secara kreatif agar bisa sukses di masa yang akan datang,” Pungkasnya.(iwn)