DiskominfoSP Selenggarakan Rapat FPD Bahas Ranwal

89

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Tanah Bumbu menyelenggarakan pertemuan Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja (Renja) Tahun 2024 di Kantor Diskominfo SP, Batulicin, Senin (13/2/2023).

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Andi Aminuddin melalui Kepala DiskominfoSP Ardiansyah mengatakan forum ini bertujuan untuk menyatukan persepsi, sinkronisasi, menyelaraskan tujuan, sasaran, program, dan kegiatan yang telah menjadi ketetapan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 Kabupaten Tanah Bumbu yang semakin maju sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Tanah Bumbu yakni Membangun Tanah Bumbu yang Maju, Unggul, Mandiri, Religius, dan Demokratis.

Ia juga menyampaikan bahwa Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah adalah motto Kita bersama, untuk itu peran Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian agar meningkatkan lagi dari apa yang sudah dicapai saat ini dalam memfasilitasi komunikasi pemerintah dengan masyarakat serta pelayanan yang sudah sangat baik dan diharapkan fungsi pelayanan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Baca Juga  Ditengah Wabah Covid-19, Dana DAU & DBH Tanbu Dipangkas "Sementara" Capai 11M Perbulan Oleh Menkeu

Kepala DiskominfoSP Ardiansyah mengemukakan bahwa ada tiga isu strategis dari DiskominfoSP untuk pembangunan Tanah Bumbu ke depan, yang pertama, optimalisasi sistem pemerintahan berbasis elektronik, kedua, mewujudkan satu data pembangunan, dan yang ketiga, optimalisasi keamanan informasi.

Dari bahasan yang disampaikan, program rencana kerja DiskominfoSP banyak sekali yang bersinergi dengan SKPD lain. Diharapkan setiap SKPD yang terkait dengan Ranwal Renja DiskominfoSP Tahun 2024 bisa saling mendukung seluruh sasaran pembangunan agar terciptanya pemerintahan yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat Tanah Bumbu.

Kepala Bidang Perekonomian SDA, Infrastruktur, dan Kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), Untung Riaman mengatakan sesuai arahan Presiden, bahwa pemerintah daerah harus bisa merancang kotanya dengan baik, sehingga memiliki diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah.

Lebih lanjut, Untung menyampaikan bahwa Diskominfo SP dan seluruh SKPD Kabupaten Tanah Bumbu harus bahu membahu untuk mewujudkan semua Rencana Kerja yang sesuai dengan RPJMD. Di mana untuk Diskominfo SP, ada di tujuan ke-6 RPJMD yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dengan indikator nilai indeks reformasi birokrasi.

Baca Juga  Pemberian Nama Pada KTP, Mulai Diatur Pemerintah

Dari 23 sasaran RPJMD, Diskominfo SP bersinergi dengan SKPD terkait bertujuan melaksanakan sasaran ke-20 yakni meningkatkan kualitas, akuntabilitas, dan kapabilitas kinerja pemerintah daerah, lalu di sasaran ke-21 yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik yang prima.

Adapun Forum Perangkat Daerah tersebut dihadiri oleh seluruh perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanah Bumbu.

Pejabat yang berhadir di antaranya Kepala Diskominfo SP Ardiansyah, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanah Bumbu Rudy Nooryadi, Komite Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Muhammad Akram Sadli, Kepala Bappeda Litbang diwakili Kepala Bidang Perekonomian, SDA, Infrastruktur, dan Kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Untung Riaman, beberapa pejabat dari kecamatan, dan vendor dari jaringan telekomunikasi. (Han)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here