Disbudporpar Diklat Kesenian Tradisional Lewat Tulisan

226

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporpar) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar peningkatan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia kesenian tradisional melalui kegiatan workshop penulisan sastra puisi bagi pelajar, guru, dan masyarakat umum, bertempat di ruang studio mini Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Tanbu, 9 – 10 Maret 2023.

Kepala Disbudporpar Hamaluddin Tahir diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Muhammad Rapie mengatakan tujuan dilaksanakanya workshop penulisan sastra tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Tanah Bumbu, khususnya dibidang sastra.

Peningkatan kualitas SDM yang dilakukan juga merupakan bagian dari mendukung visi misi daerah dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia. Serta mendukung Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah.

Baca Juga  Korban Puting Beliung Terima Bantuan

Rapie berharap kegiatan yang dilaksanakan dapat meningkatkan pengetahuan tentang sastra.

“Lalu dengan adanya peserta dari tenaga pendidik, mereka bisa membagikan ilmu yang didapatkan kepada anak didiknya. Jadi, sastra di Tanah Bumbu bisa berkembang lagi,” kata Rapie.

Ia juga berpesan kepada pelajar yang berhadir untuk tetap kembangkan ilmu penulisan sastra yang diperoleh dari workshop ini. Sebagai anak muda harus terus berkarya dan merawat ilmu sastra yang sudah diajarkan.

Baca Juga  Himbauan Disebar, Ajak ASN dan Non ASN Terlibat Sosialiasi

Narasumber yang hadir yaitu dua sastrawan ternama, seperti Syamsudin atau yang lebih dikenal dengan Ali Arsy dan Sudakoh sastrawan senior dari Tanah Bumbu.

Pada akhir acara, semua peserta dibagi ke dalam tiga kelompok. Setiap kelompok tersebut bergantian menampilkan pertunjukan pembacaan puisi secara bergantian. Penampilan itu menjadi rangkaian penutup Workshop Penulisan Sastra dari Disbudporpar.

Workshop ini diikuti sebanyak 32 Peserta dan dilaksanakan selama dua hari, yakni dari tanggal 9 – 10 Maret 2023. (han)