Dipersip, Lakukan Audit Arsip Ditiga Kecamatan

71

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) baru-baru ini melaksanakan audit kearsipan yang mencakup tiga kecamatan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 4 hingga 6 Juli 2023. Audit kearsipan ini sesuai dengan peraturan  Kepala ANRI melalui Keputusan No. 06 Tahun 2019 mengenai pengawasan kearsipan.

Hasil dari pelaksanaan audit kearsipan di Kecamatan Kusan Hulu, Karang Bintang, dan Simpang Empat tahun 2023 menunjukkan adanya peningkatan nilai dengan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanbu melalui Kabid Kearsipan Aulia Hadi W. P, mengungkapkan Peningkatan terjadi melalui pemindahan arsip inaktif dan peningkatan sarana penyimpanan.

Baca Juga  DiskominfoSP Selenggarakan Rapat FPD Bahas Ranwal

“Dengan melengkapi pemindahan arsip inaktif dan meningkatkan sarana serta prasarana penyimpanan arsip, kami berharap dapat mewujudkan budaya tertib arsip di Kabupaten Tanbu,” ungkap Aulia.

Pentingnya audit dan pengawasan kearsipan tak lepas dari peran penting tata kelola pengarsipan dalam menentukan tata kelola pemerintahan yang baik. Aulia juga menambahkan bahwa salah satu indikator dari tata kelola pemerintahan yang baik adalah pengelolaan kearsipan yang baik pula.

Baca Juga  Syafrudin H Maming (SHM), Berjanji Akan Kembalikan Program Kerja Mardani H Maming (MHM)

Dengan peningkatan nilai kearsipan, berharap akan tercipta sistem kearsipan yang lebih teratur dan efisien di Kabupaten Tanbu. Hal ini tentu akan berdampak positif dalam menjalankan berbagai proses administratif pemerintahan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Audit kearsipan yang dilakukan merupakan langkah yang positif dalam memastikan keberlanjutan dan akuntabilitas sistem pengarsipan di wilayah tersebut. Harapanya kegiatan serupa terus berjalan dan jadi bagian budaya kerja dengan kelola pengarsipan baik demi tujuan pemerintahan yang lebih baik. (dwn)