Desa Hatiif Siaga Banjir, Debet Air Sungai Terus Meningkat

697
fokusbatulicin.net – Akibat intensitas hujan yang cukup sering terjadi di wilayah Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, dalam sepekan ini, sejumlah ruas jalan dan kawasan permukiman mulai terendam. meski demikian, dari pantauan dilapangan, banjir tersebut belum sampai merendan rumah rumah warga.
” sampai saat ini kondisi meluapnya air sungai Kusan ini masih dalam batas aman. Warga yang ada di RT 01 Desa Hati’if Kecamatan Kusan Hulu belum ada yang mengungsi. karena Air masih belum merangsek kedalam rumah. masih di jalan jalan yang tergenang,” ujar Camat Kusan Hulu Herlambang, kepada fokusbatulicin.net (2/1) siang tadi.
Akan tetapi, tambah Camat, pihaknya terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak terkait terutama aparat desa untuk selalu siaga, guna memberikan perhatian serius terhadap warganya jika sewaktu waktu air bergerak cepat naik kedalam rumah, karena sebagian sudah terlihat rumah rumah warga mulai disambangi air meski belum hanya sampai kepelataran rumah.
Sekedar diketahui, untuk saat ini, Desa Hatiif termasuk salah satu kawasan permukiman yang berada sangat dekat dengan bibir sungai kusan, dan terletak pada bagian hulu sungai, sehingga termasuk rentan terjadi musibah banjir musiman setiap tahunnya.
karena letaknya yang paling hulu, maka desa hatiif yang memiliki 22 kepala keluarga ini, maka desa inilah yang pertama kali tergenang, sebelum desa desa lain yang berada dibawahnya, seperti desa lasung, sungai rukam, dan lainnya.
“saat ini, desa hatiif masih dalam siaga, dan kami meminta warga terus memantau kondisi air sungai, jika air sungai sulit bergerak kebawah, mungin faktor air laut pasang, atau air sungai cukup deras dari atas, maka sebaiknya warga diminta segera mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi. namun sampai saat ini masih belum ada yang mengungsi”  beber Camat Kusan Hulu saat dihubungi via telephone celullarnya. (L3Y)