Corona : Selain Menjaga Perbatasan Satui, Petugas Juga Sambangi Pelabuhan

620

fokusbatulicin.net – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu (Dinkes Tanbu) bersama sejumlah petugas gabungan lainnya, melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pengendara dari arah Banjarmasin menuju poros Tanah Bumbu melalui gerbang Satui, serta Pelabuhan sebagai gerbang Laut lepas penghubung Kotabaru, sejak Rabu (25/03/2020) tadi.

Bagi Pengendara baik roda dua maupun roda empat diwajibkan turun ketika tiba di kawasan perbatasan Tanbu-Tala depan posko pencegahan, tak terkecuali mobil angkutan yang membawa penumpang turut diperiksa suhu tubuhnya.

“jika ditemukan suhu tubuh pengendara diatas 38 derajat, maka akan menjadi pantauan Dinkes,” kata Kepala Dinkes Tanbu H. Setia Budi disela kegiatan.

H. Budi menambahkan, para pengendara yang mencurigakan dalam kondisi tubuhnya seperti batuk dan Flu yang belum kunjung sembuh, maka si pengendara akan ditanya tentang riwayat selama 10 hari sebelumnya.

“Saat kami periksa akan kami tanya dulu riwayatnya, jika ada hal memungkinkan masuk dalam Orang Dalam Pengawasan (OPD), maka hal itu kami tindaklanjuti demi mencegah hal yang tidak kita inginkan,” jelasnya.

selain melakukan pengawasan dikawasan perbatasan ini, Pemeriksaan juga dilanjutkan ke Pelabuhan Bunati guna melakukan kroscek kondisi tubuh para awak kapal tugboat dilokassi tersebut.

Baca Juga  KM 171 Dibahas Di Tingkat Kalsel

Sebelumnya, petugas juga sempat melakukan Pemeriksaan untuk sejumlah ABK Kapal lainnya juga dilakukan disekitar lokasi pelabuhan yang diketahui adanya kapal laut yang sedang sandar, berikut penumpang kapal Perintis Sabuk Nusantara yang sedang melakukan bongkar muat penumpang di Pelabuhan Samudra Batulicin, Selasa (24/03/2020) juga tak luput dari pemeriksaan.

Pemeriksaan yang dilakukan Tim Gugus Pencegahan virus Covid-19 Kab Tanbu ini dihadiri Wakil Bupati H Ready Kambo didampingi, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 3 Kotabaru-Batulicin Kapten Hermawan serta beberapa pejabat SKPD yang turut berhadir.

Kepada Dinas Kesehatan H Setia Budi saat memberikan arahan kepada petugas yang terlibat dalam pemeriksaan menyampaikan hendaknya agar tetap selalu waspada dalam bekerja.

“Hendaknya kita selalu berhati-hati dalam melaksanakan tugas ini, sebagaimana kita ketahui bersama bahwasanya virus Covid-19 ini sangat berbahaya, semoga saja pada pemeriksaan hari ini kita tidak menemukan penumpang kapal yang terpapar virus tersebut,” kata Budi.

Baca Juga  Buku Bantuan Perpustakaan, Tumbuhkembangkan Minat Baca Pelajar

Kapal Perintis Sabuk Nusantara sendiri merupakan kapal yang datang dari Kabupaten Kotabaru dengan ditumpangi sedikitnya 90 penumpang yang turun di Pelabuhan Samudera.

Seturunnya para penumpang langsung diberikan semprotan Disinfektan kemudian dilakukan pengukuran suhu tubuh dengan termoscaner kemudian diharuskan membersihkan tangan dengan antiseptik, setelah melalui semua tahapan barulah para penumpang diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing. Dipastikan pada pemeriksaan tersebut tidak ditemukan orang dengan gejala terpapar virus Covid-19.

Budi menambahkan akan terus melakukan hal serupa disetiap ada kedatangan kapal penumpang serta persawat udara, hal ini akan terus dilakukan demi pencegahan virus Covid-19 masuk ke Tanah Bumbu.

“Terlebih lagi, langkah-langkah pencegahan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu semata-mata untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat,” tutupnya.

Berbagai sarana dan prasarana publik disemprot disinfektan. Hal ini dilakukan guna mencegah warga Tanah Bumbu terserang virus Corona atau Covid-19.

Salah satu sarana publik yang menjadi perhatian yaitu pelabuhan yang mana menjadi tempat keluar masuknya orang dari berbagai daerah luar Tanah Bumbu. (TFB)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here