Cawang Terbakar, 240 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal,

807

fokusbatulicin.net – Kebakaran melanda 20 rumah semi permanen di Kampung Dalam, Jalan MT Haryono, RT 04 dan 05, RW 01, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (9/10).

Camat Kramat Jati Eka Darmawan mengatakan, sekitar 240 jiwa harus mengungsi karena rumahnya dilalap api.

“Kurang lebih 20 sampai 22 rumah dengan 60 KK kurang lebih 240 jiwa lah yah (yang kehilangan tempat tinggal),” kata Eka di lokasi, Rabu.

Eka menambahkan, dua tenda pengungsian akan didirikan malam ini sebagai tempat tinggal sementara korban kebakaran.

“Ada penyiapan tenda dari tim di lapangan dari Sudin Sosial, dan juga makanan untuk awal untuk pengungsi, dan nanti juga lampu akan dipasang oleh PJU nanti lagi disurvei untuk penerangannya. Mudah-mudahan malam ini bisa tertangani dengan baik,” ujar Eka.

Baca Juga  Mendagri Minta KPU Buat Aturan Pelanggaran Covid-19

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran pukul 18.50 Wib Sebanyak 22 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Akan tetapi, akses jalan ke permukiman ini sempit serta lalu lintas padat menyulitkan petugas tiba di lokasi. Api baru mulai dipadamkan 15 menit setelah laporan diterima.

Baca Juga  Wisma Atlet Jakarta, Pulihkan 1.219 Pasien Corona

Informasi sementara, kata Gatot, kebakaran disebabkan oleh kompor gas. Seseorang warga RT 004 RW 005 Kelurahan Cawang, pergi saat tengah memasak, tanpa mematikan kompor terlebih dahulu.

Kemudian, terjadi ledakan gas di dapur dan merambat ke bangunan lain. Api dengan cepat membesar karena rata-rata bangunan semi permanen. Hingga pukul 20.45 Wib petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api.

“Ya, sekarang masih dalam proses pendinginan,” kata Gatot.
Adapun kerugian material diperkirakan mencapai Rp 1 miliar. (sumber : kompas.com/Ipunk)