Banten Gempa 5,4M

636

fokusbatulicin.nt – Gempa bumi┬ádengan magnitudo 5,4 M mengguncang wilayah Lebak, Banten, Selasa (7/7) sekitar pukul 11.44 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tak berpotensi tsunami.

“Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya.

Kata Rahmat, analisis BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,70 LS dan 106,15 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km arah Barat Daya Rangkasbitung, Banten pada kedalaman 87 km.

Baca Juga  Defisit Anggaran, PBB Terancam Bangkrut !!

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menghujam di bawah lempeng Eurasia,” katanya.

Guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Lebak, Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi. Selain itu getaran juga terasa di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, Bakauheni.

Baca Juga  BKN: "Masa Pendaftaran Penerimaan CPNS 2019 Harus 15 Hari"!!

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” katanya.

Rahmat mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa,” katanya. (cnn.indonesia)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here