Banjarbaru, 104 Rumah Terendam Banjir, Air Sepinggang Orang Dewasa

560
fokusbatulicin.net – Tim Basarnas mengevakuasi sejumlah warga yang terdampak banjir di di kawasan Cempaka, Banjarbaru.
Banjir setinggi pinggang orang dewasa di tiga kecamatan di Kota Banjarbaru yaitu Liang Anggang, Kemuning dan Cempaka terjadi Minggu (5/1/2020) subuh tadi.
Sejumlah rumah terendam sehingga evakuasi petugas memprioritaskan orang lanjut usia, anak-anak, dan perempuan.
Satu unit perahu karet menjadi sarana utama memindahkan warga ke tempat aman. Selain itu, tandu emergency rescue juga digunakan petugas dalam proses evakuasi.
“Jadi ada 12 orang (petugas), memakai rescue SAR dan 1 perahu karet, kita terjunkan. Tim sudah berada di lokasi,” terang Koordinator lapangan Kantor SAR Banjarmasin, Amri Zuna Kurniawan.
Amri menambahkan, proses evakuasi berlangsung lancar bekerjasama dengan pihak BPBD. Selanjutnya, Basarnas masih memantau perkembangan kondisi di lapangan dan menyiagakan petugas, serta berkoordinasi dengan stakeholder.
“Tim tetap kita disiagakan, lita melihat situasi dan kondisi, memang saat ini hujan sudah reda tidak menutup kemungkinan hujan turun lagi. Memang di kawasan sini rawan dan tiap tahunnya jadi langganan banjir,” pungkasnya.
Sementara itu, tak ada korban jiwa dari musibah banjir di kawasan Cempaka Banjarbaru. Namun, dari data sementara BPBD Kalsel, ada 104 rumah terendam banjir.
“Jalan Kertak Baru, Gang Bahagia Rt. 04, 08, 23, 24 dan 25, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru yang mengakibatkan 70 buah rumah terendam dan 3 sekolahan paud. Selanjutnya di Jalan Los Basung 1 dan Jalan Los Basung 2, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru yang mengakibatkan 34 buah rumah terendam,” jelas Kepala BPBD Kalsel, Wahyudin pasca meninjau lokasi.(rizqon/klikkalsel.com)