April 2020, Puskesmas CSR BIB Senilai 12M Bakal Diresmikan

2439
fokusbatulicin.net  –  “Rencananya Puskesmas Sebamban II ini akan diresmikan pada April 2020 bertepatan dengan Hari Jadi Tanah Bumbu,” ujar Suhartoyo, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Tanah Bumbu, Saat berkunjung ke lokasi pembangunan Puskesmas Rawat Inap Sebamban II Desa Karang Indah Kecamatan Angsana, Selasa (14/1)tadi.
Suhartoyo ke lokasi ini Camat Angsana Ferdi Yospi, untuk melihat progres pembangunan Puskesmas plus tersebut. Diantaranya yang ditinjau yaitu bangunan rawat inap, mushola, dan ruang lainya. Pada kesempatan itu, Suhartoyo juga mendengarkan paparan dari pengawas pembangunan Puskesmas Sebamban II.
“dengan melihat begini, kita bisa mengetahui bagaimana progresnya dan apa bisa selesai tepat waktu ” ucapnya.
Sekedar informasi, pembangunan Puskesmas Rawat Inap Sebamban II diawali dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, H Muhammad Muslim, didampingi CEO PT BIB, Bonifasius, dan COO PT BIB, R. Utoro, pada 14 November 2018 lalu.
Pembanguan gedung Puskesmas ini merupakan CSR dari Perusahaan PT Borneo Indobara (BIB). Pembangunan gedung Puskesmas Rawat Inap dimaksudkan untuk menjangkau akses kesehatan yang memadai bagi warga masyarakat khususnya masyarakat Tanah Bumbu dan penerima BPJS, serta keluarga karyawan PT BIB.
sekedar diketahui, PT.Borneo Indo Bara (BIB) mengucurkan dana senilai Rp 12 Milyar untuk membangun Puskesmas Rawat Inap Plus, di Desa Karang Indah,Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu,Kalimantan Selatan.
Manager External CSR PT.Borneo Indo Bara,Dindin Makinudin sebelumnya menyebutkan, Puskesmas rawat inap plus ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 1,5 hektare yang berlokasi tepat di belakang Puskesmas Sebamban II. Puskesmas ini nantinya akan dilengkapi ruang rawat inap,ruang periksa dokter umum dan spesialis, poli,ruang apotik dan ruang Instalasi Gawat Darurat
“Total anggaran yang dikucurkan perusahaan untuk pembangunan puskesmas rawat inap plus ini sekitar Rp 12 Milyar yang ditargetkan rampung tahun depan.”jelasnya
Puskesmas ini bakal menjadi Puskesmas terbaik di Kabupaten Tanah Bumbu sekaligus menjadi yang tercanggih karena akan dilengkapi dengan fasilitas modern dan dokter spesialis.
Dindin Makinuddin, juga menyebutkan, pertimbangan gagasan pembangunan Puskesmas Perawatan Plus tersebut tidak lain untuk mempermudah pelayanan kesehatan masyarakat diwilayah lingkar tambang.
” Selama ini masyarakat diwilayah lingkar tambang yang ingin berobat ke RSUD di Batulicin harus menempuh kurang lebih 68 km,jarak tersebut dapat menghambat pengobatan masyarakat apalagi jika ada warga yang kritis dan sangat memerlukan pertolongan kesehatan segera,” kata Dindin
Menurutnya,hal tersebut yang mendasari keinginan agar ada Puskesmas dengan layanan sekelas Rumah Sakit tingkat Pratama.Harapannya dengan adanya Puskesmas Plus di Kecamatan Angsana ini pelayanan kesehatan masyarakat semakin mudah dan cepat.
“Seperti misalnya dipuskesmas tidak ada layanan jantung,rontgen dan  lainnya,maka pihak perusahaan bisa mensupport sarana tersebut agar ada di Puskesmas Sebamban II tersebut,”tandasnya (TFB)