Apel Siaga Penanganan Karhutla Digelar

748

fokusbatulicin.net – Wakil Bupati Tanah Bumbu memberikan bendera kepada Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah saat Pelaksanakanaan Apel Siaga pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Selasa (30/06/2020), sebagai symbol dimulainya penanggulangan Karhutla di Tanah Bumbu.

Dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) mengelar apel siaga pengecekan kelengkapan alat di halaman Kantor Bupati.

Wakil Bupati Tanah Bumbu, Dandim 1022, Kapolres Tanbu turun langsung melakukan pengecekan perlengkapan penanganan karhutla yang dimiliki Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainya saat apel digelar.

Baca Juga  Tim Desk Pemilu Segera Pantau Logistik

Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo saat menjadi pembina Apel menyampaikan bahwa pemeriksaan kelengkapan penanganan karhutla harus dapat memaksimalkan perlengkapan yang dimiliki dan bekerjasama dengan instansi lainya untuk melakukan upaya pencegahan.

“Ini merupakan bentuk kewaspadaan dan kesiap-siagaan kita di daerah ini, dalam menanggulanggi bencana Karhutla di Kabupaten Tanah Bumbu. Dikarenakan letak geografis Kabupaten Tanah Bumbu, memiliki tingkat kerawanan terjadinya bencana Kabakaran Hutan dan Lahan”, ujar Ready Kambo.

Wakil Bupati melanjutkan arahan dengan menambahkan,  seluruh elemen dan stakeholder terkait di Bumi Bersujud, dituntut untuk siap siaga menghadapi dan menanggulangi Bencana Karhutla. hal ini disebabkan pelaksanaan penanggulangan bencana Karhutla bukan semata mata tanggung jawab pemerintah, akan tetapi merupakan tanggung jawab semua pihak.

Baca Juga  Dispersip Kalsel Gelar Pelatihan Dan Pembinaan Di Tanbu

sekedar diketahui, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (23/06/2020) bertempat di Ruang Rapat Bersujud 1 Kantor Bupati Tanbu.

Rakoor digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan jajaran Pemkab Tanbu dalam pencegahan dan penanganan Karhutla di Bumi Bersujud. (TFB)