Akses Sukajaya Putus, Bantuan Logistik Lewat Udara

554

fokusbatulicin.net – Akses utama menuju Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, masih terputus akibat tertutup longsor. Bantuan logistik berupa makanan dan obat-obatan serta tenda darurat dikirim petugas menggunakan helikopter milik TNI AU.

“Tadi saya dapat arahan dari Danrem agar menyiapkan helipad di beberapa titik di Sukajaya, dan ini titik yang baru bisa kita tembus. Alhamdulillah sudah tiba bantuan atau dorongan logistik dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Tadi juga sudah mendapat dorongan logistik untuk Desa Urug, Cisarua, termasuk Desa Urug,” kata Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letnan Kolonel Harry Eko ditemui di Desa Pasir Madang, Bogor, Jumat (3/1/2020).

Baca Juga  PPATK Temukan Rekening Kepala Daerah Di Kasino, Benarkah???

“Jadi ini memang titik yang belum bisa diakses karena jalan utama putus, tertutup longsor. Jadi logistik sudah sampai, tetapi anggota masih di bawah karena kendaraan masih terhalang longsoran,” sambungnya.

Harry mengatakan bantuan logistik yang tiba hari ini diperkirakan hanya cukup untuk lima hari. Dia berharap ada bantuan logistik selanjutnya karena banyak warga mengungsi di Desa Pasir Madang.

“Saya perkirakan dorongan logistik itu hanya bertahan 3-5 hari, karena logistik sangat terbatas dan pengungsi sangat banyak di sini, lebih kurang 1.000 orang lebih dan ini hanya di Desa Pasir Madang,” jelas Letkol Harry.

Baca Juga  Jokowi Ajak Negara ASEAN Plus Three Perkuat Rasa Percaya

Perlu diketahui, Desa Pasir Madang merupakan salah satu desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang masih terisolir akibat longsor yang terjadi pada Rabu (1/1/2020). Jalan utama menuju desa ini sebagian tertutup longsor dan sebagian lainnya amblas karena tergerus longsor.

Untuk menjangkau desa ini, warga dan petugas harus rela menaiki bukit dan menerobos hutan yang sebelumnya tidak pernah dilalui warga kecuali hanya untuk mencari kayu bakar. (detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here