60 Desa Bakal Pilkades Serentak

80

Sebanyak 60 Desa di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) direncanakan akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 23 September 2023.

Demikian dikatakan Bupati Tanbu H.M. Zairullah Azhar melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Samsir, belum lama tadi.

Dikatakan Samsir, Pilkades gelombang kedua yang semula akan diikuti sebanyak 58 desa namun karena ada tambahan dua desa sehingga menjadi 60 desa.

Dari 60 Desa yang melaksanakan Pilkades serentak, terdapat 49 Desa yang habis masa jabatannya pada tanggal 23 Oktober 2023.

Kemudian ada delapan desa yang baru menjadi desa definitif yaitu Desa Karang Nunggal Kecamatan Karang bintang, Desa Kupang Berkah Jaya Kecamatan Simpang Empat, Desa Plajau Mulia Kecamatan Simpang Empat, Desa Hidayah Makmur Kecamatan Simpang Empat, Desa Beruntung Raya Kecamatan Satui, Desa Sidorejo Kecamatan Satui, Desa Barakat Mufakat Kecamatan Satui, dan Desa Makmur Jaya Kecamatan Satui.

Baca Juga  300 Paket Diserahkan PTPN XIII

Sedangkan dua desa lagi yaitu Desa Barugelang dan Desa Sumber Sari yang mana Kepala Desa tersebut terjerat hukum sehingga Kepala Desa tersebut diberhentikan.

Kemudian ada pula Desa Pulau Tanjung yang tertunda di Pilkades gelombang pertama yang ikutkan di gelombang kedua ini, sehingga total keseluruhan ada 60 Desa yang akan mengikuti Pilkades secara serentak dan semua tersebar di setiap kecamatan Kecuali Kecamatan Batulicin.

“Khusus Desa Muara Pagatan Tengah belum kita ikutkan Pilkades di gelombang kedua ini, karena saat ini sedang berjalan proses hukumnya di pengadilan,” ungkapnya.

Baca Juga  884 Kendaraan Terjaring Selama Ops Zebra Tanbu

Langkah selanjutnya, sebut Samsir, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah bersurat kepada seluruh Camat untuk segera mensosialisasikan Tahapan Pilkades yang sudah ditanda tangani Bupati Tanah Bumbu yaitu pada tanggal 20-26 Juni 2023.

Pembentukan Panitia Pemilihan Tingkat Desa oleh BPD dan Pengambilan Sumpah dan tak kalah pentingnya kita juga akan laksanakan Sosialisasi bagi Panitia Pilkades Tingkat Desa dan Panitia Pengawas Pemilihan pada tanggal 3-6 Juli 2023.

“Kita akan maksimalkan sosialisasi Pilkades gelombang kedua ini sehingga Panitia Tingkat Desa dan Panitia Pengawas Pemilihan benar-benar memahami tugasnya dengan baik,” tegas Samsir, seraya berharap Pilkades gelombang kedua ini dengan kerjasama yang baik pelaksanaannya berjalan lancar, aman, dan damai. (Rel)