5 Bersaudara, Wali Zuriat Datu KALAMPAYAN

18927

fokusbatulicin.net – Keberhasilan dan keberuntungan seseorang adalah menjadikan dirinya, keluarga dan keturunannya dalam tuntunan agama, terdidik dan termasuk orang bertaqwa dan sholeh.

Syekh Muhammad Arsyad Albanjari atau Datu Kalampayan salah satunya, beliau banyak menurunkan zuriat yang menjadi wali dan ulama besar khususnya di Kalimantan, hampir semua yang menjadi ulama terkemuka dan kharismatik di Kalimantan adalah dari zuriat beliau.

Diantaranya lima orang bersaudara ini adalah cicit dari Datu Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Albanjary) mereka adalah:

1. Al-‘Alimul ‘Allamah H. Abu Tholhah (Tenggarong, Kaltim)

2. Al-‘Alimul ‘Allamah H. Abu Hamid (Ujung Pandaran, Sampit, Kalteng)

3. Al-‘Alimul ‘Allamah H. Ahmad (Balimau, HSS, Kalsel)

4. Al-‘Alimul ‘Allamah H. Muhammad Arsyad Lamak (Pagatan, Kalsel)

5. Al-‘Alimul ‘Allamah H. Sa’dudin (Taniran, HSS, Kalsel)

Mereka berlima adalah anak dari cucu pertama Datu Kalampayan yaitu Al-‘Alimul ‘Allamah Mufti H. Muhammad As’ad bin Syarifah binti Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan). Nenek mereka yang bernama Syarifah adalah anak pertama Datu Kalampayan dari isteri pertama beliau yang bernama Tuan Bajut.

1. Al’Alimul ‘Allamah H. Abu Tholhah Al-Banjari

Beliau adalah seorang cicit Datu Kalampayan yang sempat mendapat didikan langsung dari datuknya, sehingga mewaritsi ilmu-ilmu dari ayah dan datuknya.

Al-‘Alimul ‘Allamah H. Abu Tholhah sebelumnya tinggal di Pagatan, karena mendapat panggilan untuk berjihad dan mengemban tugas menyampaikan dakwah islamiah di Kutai Tenggarong, maka beliau tinggalkan Pagatan menuju Kutai Tenggarong.

Beliau terkenal sebagai ulama yang berani dalam menegakkan yang hak dan menumpas yang bathil.
Beliau wafat di Tenggarong Kaltim dan dimakamkan disana, kubah beliau sering diziarahi dan masyhur disana.

2. Al-‘Alimul ‘Allamah H. Abu Hamid Al-Banjari

Beliau juga sempat mendapat didikan langsung dari datuknya. Medan dakwah beliau sampai ke Pontianak, sehingga sampailah dakwah datuknya Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di Kalimantan Barat.

Sebagaimana kakaknya Al-‘Alimul ‘Allamah H. Abu Hamid juga seorang ulama yg berani menegakkan yg hak, ulama yg waro, tawadhu, pemurah dan peramah. Beliau sempat menikah di Pontianak dan mempunyai 6 orang anak.

Setelah sekian lama di Pontianak, maka beliau berkeinginan pulang kampung untuk berziarah kemakam datuknya sekaligus mengunjungi sanak saudara di Banjar. Karena rute kapal harus singgah dulu ke Surabaya, kemudian meneruskan menuju Banjar dengan perahu Vinicy. Karena kerasnya angin badai dilaut, perahu yang ditumpanginya terdampar dipesisir kota Sampit Kalteng. Beliau mendapat sakit, hingga wafat dan dimakamkan disana.

Kepastian riwayat bahwa beliau dimakamkan di Ujung Pandaran Sampit itu adalah ketika salah seorang zuriat Datu Kalampayan bernama M. Muslim orang Dalam Pagar Martapura hendak menikah di Sampit. Sebelum berangkat dia lebih dulu minta restu kepada Al’-Alimul ‘Allamah H. Isma’il Khotib Dalam Pagar, lalu beliau berpesan kepadanya agar sebelum menikah disana nanti hendaklah lebih dulu ziarah kemakam Al’-Alimul ‘Allamah H. Abu Hamid di Ujung Pandaran Sampit.

Baca Juga  Himbauan Disebar, Ajak ASN dan Non ASN Terlibat Sosialiasi

3. Al’-Alimul ‘Allamah H. Ahmad Al-Banjari

Beliau juga sempat mendapat didikan langsung dari datuknya. Setelah beliau menikah, beliau mendapat tugas dakwah ke Balimau Kandangan HSS. Beliau terkenal sebagai ulama yang berani sehingga disegani, waro’, tawadhu, pemurah dan penyabar dalam berdakwah.
Beliau tidak mengenal lelah dalam dakwahnya dan tanpa pamrih hingga akhir hayatnya.

Menurut cerita masyarakat makam beliau yang sekarang, yang terletak di daerah Balimau adalah bukan tempat beliau di makamkan pertama kali. Dahulunya setelah beliau wafat di makamkan di satu tempat namun tanpa di ketahui makam tersebut hilang, tapi pada satu malam makam beliau hilang tersebut terlihat satu cahaya terang benderang dari makam beliau yang pertama berpindah ke makam beliau yang sekarang ini. Juga menurut penuturan masyarakat setempat ditempat makam beliau yang pertama telah di jadikan sarang maksiat oleh para perampok, oleh sebab itulah maka makam beliau berpindah dengan sendirinya dengan ijin Allah SWT ketempat yang lebih baik.

Beliau wafat di Balimau dan Kubahnya dikenal dengan nama Kubah Balimau dan banyak diziarahi orang dari berbagai daerah.

4. Al’-Alimul ‘Allamah H. Muhammad Arsyad Lamak Al-Banjari (Mufti Lamak)

Nama beliau sama dengan datuknya, beliaupun mewaritsi ilmu dan amal ayah dan datuknya. Beliau sempat belajar ke Makkah beberapa tahun, diantara gurunya adalah:

1. Syekh Ahmad Dimyathi, Mufti Syafi’iyah

2. Syekh Yusuf dan

3. Syekh Ar-Rahbini.

Sepulangnya ke Banjar beliau di angkat Sultan Banjar menjadi mufti di kerajaan Banjar. Selain menjadi mufti, beliau tetap dengan dakwahnya, yang tegas dalam hukum agama hingga beliau juga terkenal sebagai pahlawan.

Diantara murid beliau adalah sultan Adam Al-Watsiq Billah. Pada masa pemerintahan Sultan Abdurrahman bin Sultan Adam berazam hendak pergi menunaikan haji ke kota suci Makkah, sebelum pergi terlebih dahulu beliau memgunjungi kakak beliau Al-‘Alimul ‘Allamah H. Abu Tholhah yang ketika itu masih bermukim di Pagatan, namun setibanya di Pagatan beliau mendapat sakit, hingga wafat dan dimakamkan ditepian pantai Pagatan, Tanah Bumbu.

Menurut catatan Al-‘Alimul ‘Allamah H. Isma’il Khotib “Tuan Mufti H. M. Arsyad Lamak berpulang ke Rahmatullah pada hari sabtu, 3 likur hari, bulan rabiul awal 1275H, dimasa pemerintahan Sultan Abdurrahman bin Sultan Adam atau kira-kira 48 tahun setelah wafatnya Datuk Kalampayan yang wafat pada 6 syawal 1227H.

Makamnya dibuatkan kubah oleh Al-‘Alimul ‘Allamah H. Abdurrahman Siddiq Al-Banjari (Datu Sapat, mufti Indragiri Riau) dan direnovasi secara permanen oleh pemerintah daerah.

5. Al’Alimul ‘Allamah H. Sa’dudin Al-Banjari

Beliau juga dikenal dengan nama H. M. Thoyyib dan bergelar Datu Taniran. Dilahirkan tahun 1194H atau tahun 1774M di Dalam Pagar Martapura, jadi usia beliau dimasa Datu Kalampayan wafat sekitar 33 tahun.

Baca Juga  MENCINTAI AHLUL BAIT ITU,TANGGA MENCAPAI CINTA RASULULLAH SAW

Beliau juga sempat dididik langsung ayah dan datuknnya, selain itu beliau juga berkhidmat dan berguru kepada kakak beliau Al-‘Alimul ‘Allamah H. M.Arsyad Lamak. Kemana saja kakaknya berdakwah, beliau selalu disampingnya.

Di usia 25 thn beliau pergi ke Makkah untuk berhaji sekaligus menuntut ilmu disana. Lebih kurang 10 thn beliau belajar disana.
Sekembali dari tanah suci, maka beliau berada disamping ayahnya yaitu Al-‘Alimul ‘Allamah Mufti H. M. As’Ad dan kakak-kakaknya dalam membantu berdakwah keberbagai daerah dan pelosok.

Pada tahun 1812 M datanglah utusan (tatuha) masyarakat Taniran ke Martapura kerumah Al-‘Alimul Al-‘Alamah H. M. As’ad dengan maksud agar beliau berkenan dapat mengirim guru agama ke Taniran.
Mendengar hal itu maka sebagai mufti dikerajaan Banjar, beliau merasa berkewajiban untuk memenuhi permintaan masyarakat taniran. Maka beliau dengan senang hati mengirim anaknya sendiri yaitu Al-‘Alimul ‘Allamah H.Sa’dudin yang waktu itu baru kembali 2 thn dari Makkah.

Taniran dimasa itu dipimpin seorang lurah bernama Abah Shaleh, mendengar Tuan Mufti menyanggupi permintaan masyarakatnya dan bahkan mengirim langsung anaknya, sang lurah begitu gembira.
Beliau dijemput dan datang disambut dengan gembira oleh masyarakat Taniran.

Masyarakat menghibahkan sebidang kebun kelapa sebagai tempat untuk membangun rumah dan komplek kegiatan belajar mengajarnya. Maka berdatanganlah para murid dari berbagai daerah di Hulu Sungai dan lainnya.

Beliau ulama yang waro’, qona’ah, lemah-lembut dan segala sifat mahmudah lainnya. Dakwah beliau dengan bebagai cara, selain dengan lisan, terkadang dengan mencontohkan (bil’hal), sehingga murid2 bisa mengikutinya.
Apabila beliau mandi, tidak pernah membuka pakaiannya karena begitu menjaga takut terlihat auratnya. Dan dalam soal menjaga kehalalan makanan beliaupun sangat berhati-hati.

Beliau suka berkholwat (menyendiri), hanya keluar jika mengajar atau sholat ke mesjid, terlebih setelah kakaknya Al-‘Alimul ‘Allamah H. M. Arsyad Lamak wafat. Bahkan beliau jarang sekali pulang ke Martapura karena kakak yang dikunjungi tidak ada lagi.

Beliau ditawari pemerintah Belanda untuk menggantikan kakaknya sebagai mufti, tapi beliau tolak, karena beliau lebih senang fokus dalam mengajar ilmu dan amal dimasyarakat.

Setelah kurang lebih 45 thn dalam berdakwah, beliau wafat pada 5 safar 1278H (1858 M) dan dimakamkan di Taniran yang dikenal dengan Kubah Taniran.

Kelima makam/ kubah beliau berlima sering didatangi oleh banyak peziarah dari berbagai daerah.
_________

(Dirangkum dari cerita Abah Guru Sekumpul dan sumber lainnya, khususnya dari buku “Maulana Syekh Muhammad Arsyad Albanjari oleh Abu Daudi/Gr.Irsyad zein Dalam pagar).

Ditulis Ulang Oleh wartawa fokusbatulicin.net : Muhammad Suryadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here